Ingin Tetap Produktif Secara Finansial Setelah Pensiun? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 26/08/2019, 07:08 WIB
Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa bingung kerap menggelayut di hari-hari pertama setelah pensiun.

Terkadang seseorang ingin untuk bisa tetap produktif meski sudah berhenti bekerja.

Terutama, agar masa-masa di hari tua tak hanya bergantung dari dana pensiun yang sudah dimiliki, tetapi produktivitas finansial bisa tetap terus berlanjut.

Baca juga: Pikirkan dari Sekarang, Ini 7 Usaha yang Cocok saat Pensiun

Nah bagaimana caranya? Silakan simak tips sebagai berikut:

1. Bisnis sendiri atau waralaba

Perencana Keuangan Ahmad Ghozali dari Zelts Consulting mengungkapkan, setidaknya terdapat dua cara untuk teta bisa produktif secara finansial setelah pensiun, yaitu menjalankan bisnis sendiri dan membeli bisnis waralaba.

"Jadi pilihannya dua ya kalau mau pensiun dengan berbisnis, yang pertama menjalankan bisnis sendiri mulai dari 5-10 tahun sebelum pensiun, kedua membeli bisnis waralaba, siapkan dana yang lebih besar," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

Baca juga: Ingin Pensiun Dini? Apa Saja yang Harus Diperhatikan.

2. Proses pengembangan bisnis tak sebentar

Dia mengatakan, proses pengembangan bisnis pun tidak bisa dilakukan secara mendadak. Setelah dana untuk berbisnis dikumpulkan ketika masih bekerja, proses pengembangan bisnis pun perlu untuk memakan waktu lima hingga 10 tahun sebelum benar-benar pensiun.

Matang secara finansial menjadi penting sebelum mulai menjalankan bisnis, sebab diperlukan waktu untuk membuat terbiasa dengan dunia bisnis yang lebih berisiko, perlu waktu untuk belajar mengelola bisnis, dan perlu waktu juga untuk membuat sistem dalam bisnis agar bisa dikelola secara profesional oleh orang lain.

"Jadi enggak bisa mendadak, 2-3 tahun sebelum pensiun baru siapkan strategi. Musti dari jauh-jauh hari. Karena secara finansial, ada banyak persiapan yang harus dilakukan," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X