Pasokan Avtur ke Bandara Kertajati Jauh di Bawah Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 10/09/2019, 21:05 WIB
Bandara Kertajati saat ini memiliki kapasitas 5 juta penumpang per tahun. Kedepannya akan dilakukan pengembangan, sehingga kapasitas meningkat menjadi sekitar 29,3 juta penumpang per tahun. Dok. Humas Angkasa Pura IIBandara Kertajati saat ini memiliki kapasitas 5 juta penumpang per tahun. Kedepannya akan dilakukan pengembangan, sehingga kapasitas meningkat menjadi sekitar 29,3 juta penumpang per tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan avtur ke Bandara Internasional Kertajati terus meningkat seiring bertambahnya penerbangan dari dan ke bandara yang berada di Majalengka, Jawa Barat itu.

Meski begitu, pasokan avtur tersebut masih sangat timpang dibandingkan pasokan avtur ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Kami upayakan semaksimal mungkin, dimana pasokan Avtur dari Terminal BBM Balongan dibawa ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) menggunakan mobil tangki khusus Avtur," ujar General Manager Pertamina Marketing Operation Region III Tengku Fernanda dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Saat ini, kata dia, rata-rata suplai avtur ke Bandara Kertajati masih sangat kecil yakni hanya sekitar 70 Kiloliter (KL) per hari.

Bila dibandingkan dengan Bandara Soekarno-Hatta, suplai avtur ke Bandara Kertajati hanya sekitar 1,4 persennya saja.

Pasokan avtur itu dibawa oleh mobil tangki khusus Avtur yakni bridger berkapasitas 24 KL. Selanjutnya, Avtur ditampung dalam 4 unit tangki modular berkapasitas masing-masing 20 KL.

Kemudian avtur tersebut diisikan menggunakan mobil tangki khusus untuk mengisi ke pesawat atau disebut mobil tangki refueler.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak dibuka sebagai bandara reguler, saat ini Bandara Kertajati melayani sekitas 12 jadwal penerbangan per hari.

Tujuan penerbangannya tersebar ke berbagai kota tujuan di luar Pulau Jawa. Adapun dua maskapai yang telah beroperasi rutin yakni Lion Air dan Air Asia.

Pertamina yakin Bandara Kertajati akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Oleh karena itu perusahaan plat merah itu menyatakan siap mendukung pengembangan Bandara Kertajati.

"Menyambut hal tersebut, kami juga telah menyiapkan peningkatan layanan dan fasilitas DPPU, dimana salah satunya untuk mengantisipasi penerbangan untuk umroh yang akan dilakukan dalam waktu dekat," kata Fernanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.