Kemenhub Segera Siapkan Transportasi dari Bandara YIA ke Borobudur

Kompas.com - 21/09/2019, 10:21 WIB
Gerbang depan Yogyakarta International Airport saat malam. KOMPAS.com/DANI JGerbang depan Yogyakarta International Airport saat malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan menyiapkan angkutan umum dari Yogyakarta International Airport ( YIA) ke Candi Borobudur via Bedah Manoreh.

Sebelum hal tersebut direalisasikan, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani terlebih dahulu memantau aksesbilitasnya.

“Tujuan pemantauan ini dilakukan untuk mengumpulkan data kesiapan untuk membuka aksesbilitas ke tempat-tempat pariwisata di sekitar KSPN (kawasan strategi pariwisata nasional) melalui Bedah Manoreh," ujar Yani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2019).

Baca juga: Menhub: Pembangunan Jalur KA YIA Ditargetkan Rampung pada Akhir 2020

Yani menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait sebagai upaya percepatan kesiapan pelayanan angkutan menuju KSPN Borobudur. 

“Pembukaan Aksesibilitas dari Bandara YIA menuju Kawasan Borobudur via bedah Menoreh secara umum sudah bisa dilayani angkutan masal walau masih ada beberap titik yang memerlukan perbaikan ataupun peningkatan," kata Yani.

Selanjutnya, direncanakan dalam waktu dekat akan dibuka rute pelayanan angkutan umum oleh Ditjen Hubdat dari YIA menuju Kawasan Borobudur via Rute Bedah Menoreh dan Angkutan Feeder dari Kota Yogyakarta menuju kawasan Wisata Jalur Bedah Menoreh dan Borobudur.

Kementerian PUPR juga akan melakukan perbaikan jalan dan pelebaran jalan pada jalur Bandara YIA menuju Bedah Menoreh. Sedangkan Dinas Pariwisata akan melakukan inventarisasi lokasi simpul transportasi untuk angkutan umum.

"Setelah ini, masing-masing instansi akan segera menindaklanjuti hasil pembahasan kegiatan dalam mendukung program dukungan peningkatan jumlah wisman," ucap Yani.

Baca juga: Batik Air Resmi Layani Penerbangan di YIA

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X