Dana Pensiun Kanada Beli 45 Persen Saham Tol Cipali

Kompas.com - 24/09/2019, 12:52 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Dana pensiun Kanada, Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) mengumumkan investasi pertamanya di sektor infrastruktur Indonesia.

CPPIB membeli 45 persen saham operator jalan tol PT Lintas Marga Sedaya (LMS). Pengumuman itu dirilis CPPIB akhir pekan lalu.

Dilansir dari Nikkei Asian Review, Selasa (24/9/2019), LMS merupakan pemegang konsesi dan operator ruas tol Cikopo-Palimanan alias Tol Cipali. Meskipun demikian, CPPIB tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait aksi korporasi tersebut.

Sebelumnya pada bulan ini, DealStreetAsia secara eksklusif melaporkan minat CPPIB untuk mengakuisisi saham LMS. Bloomberg pun mewartakan, akuisisi ini bernilai kira-kira 500 juta dollar AS atau setara sekira Rp 7 triliun.

Baca juga: Saratoga Jual 40 Persen Saham Tol Cipali ke Grup Astra

Dalam pernyataannya, CPPIB menyatakan bakal berinvestasi di LMS bermitra dengan PT Baskhara Utama Sedaya (BUS), anak usaha PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra.

CPPIB dan BUS akan bersama-sama mengakuisisi saham LMS dari PLUS Expressways International Berhad, anak usaha UEM Group. Adapun UEM secara penuh dimiliki oleh Khazanah Nasional, badan investasi pemerintah Malaysia.

Dengan demikian, Khazanah resmi menarik diri dari LMS.

Baca juga: Puncak Mudik, Kendaraan yang Melintas Tol Cipali Diperkirakan Tembus 104.000 Unit

BUS saat ini memiliki 45 persen saham LMS dan akan menaikkan kepemilikan sahamnya menjadi 55 persen. Sementara itu, CPPIB akan mengantongi sisanya, yakni 45 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X