Perusahaan Hong Kong Bakal Akuisisi Dua Tol Waskita Toll Road

Kompas.com - 28/09/2019, 06:27 WIB
Gerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIGerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kompas100: WSKT), yakni PT Waskita Toll Road (WTR) akan mengumumkan hasil divestasi dua jalan tolnya.

Investor dua ruas jalan tol tersebut akan diakuisisi oleh perusahaan asal Hong Kong yaitu Road King Infrastructure (RKI) Group.

Sebelumnya, media DealStreetAsia sudah lebih dulu memberitakan bahwa RKI sedang mempersiapkan proses akuisisi aset WTR tersebut.

Direktur Utama WTR Herwidiakto juga mengonfirmasi hal itu. Ia menyatakan pihaknya tengah bernegosiasi persyaratan untuk penandatangan hasil penjualan dua ruas tolnya yang akan dilangsungkan pada Senin (30/9/2019) depan.

Baca juga: Tarif 13 Ruas Tol Segera Naik

"Angkanya sudah deal. Tapi kami masih bahas syarat-syarat untuk PPJB," kata Herwi kepada Kontan pada Jumat (27/9/2019).

Rencananya, RKI Group akan mengakuisisi dua ruas tol WTR yaitu Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono. Investasi dari pelepasan jalan tol tersebut bernilai lebih dari Rp 2 triliun.

Sementara itu, Herwi mengatakan untuk tiga ruas lainnya tidak ditargetkan dijual tahun ini. Namun, sudah ada beberapa calon investor yang sedang mengkaji ruas lain milik anak usaha WSKT tersebut.

Antara lain seperti Astra Infra dan Jasa Marga.

"Pihak Astra dan Jasa Marga masih proses mengkaji," tambah Herwi.

Baca juga: Dana Pensiun Kanada Beli 45 Persen Saham Tol Cipali

Kendati demikian, Herwi menyatakan pihaknya menganggap siapa pun calon investornya memiliki kesempatan yang sama. Lebih lanjut, pihak WTR terbuka bagi investor manapun termasuk asing jika berminat akan ketiga ruas tol tersebut.

"Kami terbuka pada siapa saja asal memiliki NDA. Tiga ruas tol itu juga targetnya kan bukan tahun ini," tutup Herwi. (Yasmine Maghfira)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Perusahaan asal Hong Kong akan akuisisi dua ruas tol Wakita Toll Road (WTR)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X