Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Akan Layani Penerbangan Haji 2020

Kompas.com - 07/01/2020, 13:21 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengungkapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan melayani penerbangan haji pada 2020.

Dengan begitu, nantinya warga Jawa Barat yang ingin berangkat haji tidak lagi melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, perwakilan Arab Saudi nantinya akan berkunjung ke Indonesia untuk mengecek kesiapan dan kelayakan BIJB Kertajati.

"Nanti ada tim dari Arab Saudi bulan ini akan ngecek. Nantinya ada 67 kloter tapi nggak tahu apakah ini di sini semua atau dibagi lagi," ujarnya Menag ditemui di Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Senin (6/1/2020) malam.

Baca juga: Menhub Ingin Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik E-Commerce

Rencananya ada 67 kloter jamaah haji yang akan diberangkatkan melalui BIJB Kertajati pada tahun ini.

Di lokasi yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati telah membuka penerbangan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan umrah.

Namun, untuk saat ini, penerbangan umrah di bandara tersebut masih melayani penerbangan dua kali selama sepekan.

Nantinya BIJB bisa melayani penerbangan ke Arab Saudi setiap hari jika Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dioperasikan pada akhir tahun 2020.

Baca juga: Belum Boleh Terbang, Boeing Temukan Lagi Potensi Cacat Desain 737 MAX

Untuk saat ini, Tol Cisumdawu Seksi 1-2-3 dan 6, progress konstruksinya mencapai 77 persen. Namun, sisanya pada Seksi 4 dan 5, masih terkendala pembebasan lahan.

Menhub pun telah berkoordinasi dengan Menag, dan telah menyetujui agar BIJB Kertajati dioperasionalkan untuk penerbangan haji.

"Haji sudah setuju, Pak Menteri (Agama) juga setuju akan menggunakan dari Kertajati. Saya sudah bertemu dengan Pak Menteri Agama, saya sudah bertemu Kedutaan Besar Arab Saudi," ujarnya.

Baca juga: Hingga Akhir 2019, Defisit APBN Capai Rp 353 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com