Besok, Proyek Tangga Darurat Tol Layang Jakarta-Cikampek Dimulai

Kompas.com - 11/01/2020, 20:03 WIB
Pembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di 8 titik jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated II Dok. PT Jasamarga Jalanlayang CikampekPembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di 8 titik jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated II

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) kembali melanjutkan pekerjaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Salah satunya yaitu pembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di 8 titik yang dimulai Minggu (12/1/2020) ini hingga ditargetkan selesai pada 31 Januari 2020.

Akan ada delapan titik tangga darurat tersebut terpasang tepatnya di tengah atau median jalan tol Km 13 + 200, Km 17 + 200, Km 21 + 500, Km 24 + 800, Km 28 + 300, Km 31 + 900, Km 36 + 700 dan Km 38 + 600.

Baca juga: Mudik Natal 2019, 117.000 Kendaraan Lewati Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Dimulai dari pembuatan pondasi, pembobokan parapet atau barrier, erection struktur tangga darurat hingga pembuatan akses atau tutupan tangga darurat," kata Direktur Utama PT JJC, Djoko Dwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

PT JJC juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan karena dengan adanya pekerjaan pemasangan tangga darurat ini, maka akan dilakukan pengaturan lalu lintas.

Djoko mengatakan pihaknya sudaj berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk ada pengaturan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk pekerjaan minor seperti pembobokan parapet atau barrier akan dilaksanakan situasional tergantung dengan kondisi lalu lintas. Sementara itu untuk pekerjaan erection struktur tangga darurat akan dilaksanakan di window time, pukul 22.00–05.00 WIB," ujarnya.

Baca juga: Ini Alasan Jalan Tol Layang Japek Tak Boleh Dilintasi dengan Kecepatan di Atas 80 Km Per Jam

Selain itu, ada juga proyek lain yang dinilai akan mengganggu arus lalu lintas jalan tol yakni pekerjaan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kilo meter (Km) 11+500 ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Terkait adanya proyek JPO itu, Tol Jakarta-Tangerang akan ditutup sementara mulai pukul 02.15 – 02.40 WIB atau kurang lebih 25 menit pada Minggu dini hari,

Selanjutnya, lalu lintas akan dibuka kembali secara bertahap baik arah Tangerang maupun Jakarta, dan diperkirakan pada pukul 04.00 WIB semua lajur dapat digunakan kembali.

Baca juga: Jokowi Restui Luhut Punya 6 Deputi, dari Infrastruktur hingga Investasi

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X