Mengintip Peluang Usaha Ampas Kopi

Kompas.com - 16/02/2020, 12:16 WIB
Coffee for body KONTAN/DOK COFFEE FOr BODYCoffee for body

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk berbahan kopi kini makin banyak saja penggemarnya. Mulai dari aneka minuman kopi, aroma biji kopi, hingga ampas kopi.

Ampas kopi malah sudah dipakai sebagai salah satu bahan pembuatan perawatan tubuh. Beberapa orang pun sudah membuat produk perawatan tubuh dengan menggunakan ampas kopi

Beberapa orang pun sudah membuat produk perawatan tubuh dengan menggunakan ampas kopi. Salah satunya adalah Sabrina Le Oktafia, pemilik Coffee For Body.

Baca juga: Ingin Buka Usaha Kopi? Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Awal mula Sabrina terjun ke usaha produk perawatan tubuh adalah dari kegemarannya kongkow-kongkow di kedai kopi.

Di sana ia mendapati banyak kedai kopi yang langsung membuang ampas kopi setelah meracik minuman kopi. Ia pun terpikir untuk memanfaatkan ampas tersebut.

"Dari situ saya coba mencari khasiat kopi lebih dalam sambil bereksperimen," katanya kepada Kontan.

Ia pun mencari info mengenai manfaat ampas kopi lebih lanjut. Dari informasi dan eksperimen yang ia lakukan, lantas tercetus ide membuta lulur dan sabun dari ampas kopi.

Usaha ini belum setahun ia jalani. Saat ini baru ada dua produk yang dijajakan yakni coffee body scrub dan coffee body wash.

Baca juga: 2020, Usaha Kopi Masih Eksis?

Ia mengklaim, ampas kopi itu punya khasiat baik bagi kulit karena punya kandungan antioksidan bisa mengurangi racun dalam tubuh. Selain itu aroma kopi bisa membuat pikiran orang menjadi rileks.

Ia biasanya mencari bahan baku ampas kopi di kedai kopi di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Produk yang ia hasilkan dibanderol Rp 35.000, baik itu untuk sabun maupun lulur badan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X