Gojek Resmi Caplok 4,33 Persen Saham Blue Bird

Kompas.com - 22/02/2020, 18:27 WIB
Pengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Bluebird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Bluebird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek secara resmi membeli 4,33 persen saham PT Blue Bird Tbk dengan transaksi sebanyak 108,21 juta lembar saham.

Dikutip dari keterbukaan informasi, Sabtu (22/2/2020), harga penjualan ditetapkan sebesar Rp 3.800 per lembar saham.

Pembelian saham oleh Gojek ini membuat kepemilikan PT Pusaka Citra Djokosoentono berkurang dari 35,84 persen menjadi 31,51 persen. Meski sahamnya berkurang, Keluarga Djokosoentono masih jadi pengendali saham di operator taksi terbesar di Indonesia itu.

“Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Blue Bird sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa," kata Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo dalam keterangannya.

Baca juga: Bluebird Luncurkan Taksi Mobil Listrik, Bagaimana Tarifnya?

Dengan pembelian saham itu, Gojek juga akan menghadirkan layanan dompet non-tunai GoPay di layanan perusahaan taksi itu. Selama ini, Blue Bird juga sudah menjalankan aplikasi sendiri lewat MyBluebird.

"Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Blue Bird terhadap konsumen,” jelas Noni.

Sementara itu, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menuturkan Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara dan hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa mitra kuat yang memungkinkan kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Peningkatan kerja sama dengan Blue Bird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” kata Andre.

Baca juga: Gojek Dikabarkan Beli Saham Blue Bird Senilai Rp 450 Miliar

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X