Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek Resmi Caplok 4,33 Persen Saham Blue Bird

Kompas.com - 22/02/2020, 18:27 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek secara resmi membeli 4,33 persen saham PT Blue Bird Tbk dengan transaksi sebanyak 108,21 juta lembar saham.

Dikutip dari keterbukaan informasi, Sabtu (22/2/2020), harga penjualan ditetapkan sebesar Rp 3.800 per lembar saham.

Pembelian saham oleh Gojek ini membuat kepemilikan PT Pusaka Citra Djokosoentono berkurang dari 35,84 persen menjadi 31,51 persen. Meski sahamnya berkurang, Keluarga Djokosoentono masih jadi pengendali saham di operator taksi terbesar di Indonesia itu.

“Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Blue Bird sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa," kata Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo dalam keterangannya.

Baca juga: Bluebird Luncurkan Taksi Mobil Listrik, Bagaimana Tarifnya?

Dengan pembelian saham itu, Gojek juga akan menghadirkan layanan dompet non-tunai GoPay di layanan perusahaan taksi itu. Selama ini, Blue Bird juga sudah menjalankan aplikasi sendiri lewat MyBluebird.

"Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Blue Bird terhadap konsumen,” jelas Noni.

Sementara itu, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menuturkan Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara dan hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa mitra kuat yang memungkinkan kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Peningkatan kerja sama dengan Blue Bird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” kata Andre.

Baca juga: Gojek Dikabarkan Beli Saham Blue Bird Senilai Rp 450 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com