Erick Thohir: Banyak Pihak Swasta yang “Mengakali” BUMN

Kompas.com - 26/02/2020, 13:49 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengaku membuka pintu selebar-lebarnya bagi perusahaan swasta untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan pelat merah.

Namun, Erick meminta agar pihak swasta tak menjadi “duri dalam daging” bagi perusahaan BUMN.

“Silakan berpartner dengan BUMN, tapi dengan yang baik, jangan BUMN diakali, karena banyak juga teman-teman swasta yang mengakali (BUMN),” ujar Erick di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Ahok Diminta Dicopot dari Komisaris Pertamina, Ini Kata Erick Thohir

Erick mencontohkan, misalnya ada pihak swasta yang berkongkalikong dengan “orang dalam” di BUMN. Hal itu dilakukan agar terus-menerus mendapat proyek dari BUMN.

“Jangan sampai taruh orang di dalam sekadar menggerogoti BUMN-nya, kalau ada apa-apa dengan BUMN-nya, rakyat akan kehilangan Rp 467 triliun setahun. Apakah itu bebannya mau dikembalikan ke swasta? Kan tidak,” kata Erick.

Selain membuka kerja sama dengan swasta, Erick juga mengaku akan menerima kritik dan saran dari swasta mengenai kinerja perusahaan pelat merah.

Namun, kritik yang dilontarkan harus membangun.

“Keluhan swasta juga saya dengarkan, tapi mesti win-win juga, jangan BUMN di advantage, berpartner yang baik agar hasilnya baik, toh sama-sama kepentingannya hanya satu, dividennya baik,” ucap dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X