Rupiah Melemah dan Ditutup Hampir Sentuh Rp 14.000

Kompas.com - 26/02/2020, 17:46 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Rabu (26/2/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.940 per dollar AS atau melemah 53 poin sebesar 0,38 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.887 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, merebaknya virus Corona membuat pemerintah dan Bank Indonesia terus melakukan strategi untuk menahan gelombang perlambatan yang saat ini sudah mulai terasa.

"Pemerintah masih terus berupaya dan oftimis bahwa dampak virus corona tidak terlalu berbahaya," kata Ibrahim.

Baca juga: BI: Rupiah Melemah akibat Investor Asing Beralih dari Emerging Market ke Safe Haven

Sampai saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang bebas dari epidemi virus corona dan terus membantu memberikan penanganan tentang penyakit tersebut.

Optimisme ini membuat pelaku pasar kembali percaya terhadap pasar dalam negeri, walaupun sore ini rupiah terus melemah.

"Pelemahan ini dampak dari data eksternal yang begitu kuat, apalagi ekonomi dalam negeri tidak bisa mendorong sentimen positif bagi rupiah," tambahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X