BI: Penyaluran Kredit Perbankan Melambat

Kompas.com - 28/02/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR) THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAMIlustrasi kredit pemilikan rumah (KPR)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Januari 2020, kredit perbankan alami perlambatan.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), penyaluran kredit sepanjang Januari tercatat sebesar Rp 5.514,4 triliun atau tumbuh 5,7 persen (year on year/ yoy). Lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 5,9 persen (yoy).

"Perlambatan penyaluran kredit tersebut dipengaruhi debitor korporasi maupun perorangan," tulis BI, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kredit korporasi, juga tumbuh melambat sebesar 5,2 persen (yoy) bila dibandingkan bulan sebelumnya 5,9 persen. Sementara, kredit perorangan bernasib sama dengan korporasi yang tumbuh melambat sebesar 6,6 persen (yoy).

Baca juga: OJK Relaksasi Kredit ke Sektor Terdampak Virus Corona

Berdasarkan jenis penggunaan, lanjut BI, tumbuh melambatnya kredit terjadi pada kredit investasi.

"Kredit investasi hanya tumbuh sebesar 10,1 persen (yoy) dibandingkan bulan sebelumnya bisa mencapai 12,8 persen. Perlambatan kredit investasi terjadi di sektor industri pengolahan dan perdagangan, hotel dan restoran," jelas BI.

Kredit investasi di industri pengolahan melambat dari 4,4 persen (yoy) menjadi sebesar 1,3 persen sepanjang Januari 2020, terutama kredit yang disalurkan untuk subsektor industri semen, kapur, dan gips di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Selain itu, kredit investasi sektor perdagangan, hotel dan restoran yang turut tumbuh melambat sebesar 5,0 persen (yoy), khususnya pada subsektor perdagangan makanan, minuman, dan tembakau wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di sisi lain, pertumbuhan kredit modal kerja dan kredit konsumsi alami peningkatan sebesar 3,0 persen dari bulan sebelumnya sebesar 2,2 persen (yoy). Peningkatan itu dipengaruhi oleh sektor keuangan, real estat, dan jasa perusahaan.

Kredit pada kendaraan juga alami peningkatan. Pada Desember 2019, kredit kendaraan hanya sebesar 5,9 persen, dan pada Januari 2020, mencapai 6,2 persen (yoy). Kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit multiguna memberikan kontribusi peningkatan jenis kredit tersebut.

Baca juga: BTN Raup Potensi Kredit Rp 4,56 Triliun lewat Pameran Properti

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X