Empon-empon Mahal, Penjual Jamu Terpaksa Naikkan Harga

Kompas.com - 06/03/2020, 10:14 WIB
Pedagang jamu tradisional Pedagang jamu tradisionalPedagang jamu tradisional

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekhawatiran masyarakat karena merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 berimbas pada langkanya empon-empon di pasaran. Tanaman empon-empon lumrah dipakai sebagai bahan baku obat herbal seperti jamu.

Sumini, salah satu penjual jamu di Lapangan Baturan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, mengatakan saat ini empon-empon seperti jahe, kunyit, sereh, kencur, dan rempah-rempah lain sudah mulai langka di pasar. 

Dia sendiri akhirnya terpaksa menaikkan harga jamu lantaran harga empon-empon tiba-tiba melonjak sejak beberapa hari terakhir.

"Mulai hari ini terpaksa jamu harganya naik jadi Rp 2.500 per gelas kecil, dari sebelumnya Rp 2.000. Karena bahan-bahannya sudah pada naik karena ramai-ramai corona itu. Kemudian gula kan juga sekarang sudah naik," kata Sumini, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: Imbas Corona, Penjual Jamu Keluhkan Meroketnya Harga Bahan Baku

Sumini mengaku membeli bahan baku jamu dari Pasar Legi, Kota Solo. Menurutnya, harga empon-empon paling tinggi terjadi pada jahe merah.

Tiga hari lalu saja, harga jahe merah naik dari Rp 30.000/kg menjadi Rp 50.000/kg. Kencur yang biasanya dijual di pasar Rp 35.000/kg saat ini sudah naik jadi Rp 42.000/kg.

"Kebetulan saya masih punya stok lama, mungkin hari ini sudah naik lagi. Jahe merah ini yang mahal," ucapnya.

Sementara itu, Rudi, penjual wedang jahe susu di Jalan Raya Hankam, Jati Murni, Ujung Aspal, Bekasi mengaku hari ini dirinya membeli jahe merah seharga Rp 70.000 di Pasar Kramatjati. Padahal di hari biasa, harganya berkisar Rp 30.000/kg.

"Sekarang jahe merah sudah Rp 70.000/kg. Itu di pasar induk langsung, kalau beli di pasar dekat rumah pasti lebih mahal lagi," ungkap Rudi.

Baca juga: Geger Corona, Penjual Wedang Jahe Susu Diserbu Pembeli

Rudi mengatakan, sejak geger virus corona, omzet penjualannya semakin meningkat. Dua galon wedang jahe susu yang dijualnya ludes sebelum pukul 22.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X