Persiapan Mudik Lebaran, Kemenhub Akan Buat Posko Angkutan Laut

Kompas.com - 08/03/2020, 10:02 WIB
Lonjakan penumpang arus mudik di pelabuhan nunsatara kota Parepare, sulawesi selatan KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDINLonjakan penumpang arus mudik di pelabuhan nunsatara kota Parepare, sulawesi selatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan persiapan sarana dan prasarana transportasi laut, termasuk 51 pelabuhan yang diperkirakan mengalami lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2020

Kemenhub telah menerbitkan Surat Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor HK.211/2/4/DJPL/2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020 (1441 Hijriah).

"Salah satu instruksinya adalah persiapan membentuk Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Wisnu Handoko melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Sandiaga: Bukannya Pak Ahok Baru Jadi Komisaris Utama Pertamina?

Kemenhub menyampaikan, Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020 akan dimulai 9 Mei-9 Juni 2020.

Nantinya seluruh kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT), akan melaksanakan pemantauan, pengendalian dan menyampaikan laporan harian realisasi penumpang melalui surat elektronik kepada Posko Terpadu Angkutan Laut.

“Kita juga dapat mengetahui realisasi penumpang setiap harinya secara real time dari 51 (lima puluh satu) Pelabuhan Pantau melalui aplikasi siasati.dephub.go.id/anglebtal,” kata dia.

Baca juga: Ini Contact Center Bandara untuk Cek Layanan Penerbangan Terdampak Corona

Para Kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut juga diinstruksikan untuk menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan, mengecek kelaikan armada angkutan kapal penumpang yang singgah di pelabuhan.

Selain itu, seluruh UPT juga diminta mempersiapkan program aksi keselamatan dan keamanan moda angkutan laut yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Dan yang tidak kalah penting, tentunya mereka harus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapan terminal penumpang, keselamatan, keamanan, ketertiban, serta kelancaran debarkasi dan embarkasi penumpang,” ujar Wisnu.

Baca juga: Akhir Pekan, Cek Promo di Superindo



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X