Pasar Bergejolak Akibat Corona, Bank Sentral AS Injeksi Pasar 1 Triliun Dollar AS Lebih

Kompas.com - 13/03/2020, 10:34 WIB
Gedung Federal Reserve cnn moneyGedung Federal Reserve

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve untuk ketiga kalinya dalam minggu ini kembali mengintervensi pasar keuangan.

Dikutip CNBC,  Jumat (13/3/2020), The Fed meningkatkan pembelian surat berharga di pasar keuangan seiring dengan gejolak yang terjadi akibat virus corona.

"Perubahan ini dilakukan untuk menengahi disrupsi yang tidak biasa di pasar keuangan, terutama obligasi seiring dengan wabah virus corona," ujar New York Fed dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: BI: The Fed Pangkas Suku Bunganya Bisa Menjadi Berkah buat Pasar Asia

Pada perdagangan Kamis (13/3/2020), pasar saham Amerika Serikat, Wall Street menunjukkan kinerja terburuknya sejak 1987 akibat aksi jual saham secara besar-besaran.

Aksi jual saham tersebut menyusul kepanikan investor akibat wabah virus corona yang kian meluas dan berdampak pada perekonomian.

Meski Bank Sentral setempat telah mengumumkan intervensi di pasar keuangan tersebut, namun kinerja Wall Street belum menunjukkan perbaikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan hingga akhir perdagangan, indeks Dow Jones Industrial Average terkoreksi hingga 9,9 persen.

Beberapa pelaku pasar mengaku skeptis dengan langkah The Fed. Mereka menilai langkah tersebut cukup untuk menahan laju pasar yang terus merosot.

Baca juga: Goldman Sach Prediksi The Fed Segera Turunkan Suku Bunga Acuan

Di dalam pengumumannya, The Fed menyatakan bakal meningkatkan skala pembelian suray pemerintah yang tadinya sebesar 60 miliar dollar AS di surat berharga jangka pendek.

The Fed pun akan memperluas jangkauan intervensinya ke berbagai instrumen lain dengan jangka waktu jatuh tempo yang lebih lama.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.