Simak, Begini Cara Lindungi Nilai Kredit Saat Virus Corona

Kompas.com - 03/04/2020, 09:28 WIB
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR) THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAMIlustrasi kredit pemilikan rumah (KPR)

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir sebagian besar pekerja mengaku pendapatan mereka tergerus akibat dampak negatif virus corona.

Hal ini tentu membuat mereka khawatir bagaimana membayar kartu kredit atau cicilan kredit rumah yang berdampak pada nilai kredit.

Apalagi dalam lingkungan saat ini, skor kredit yang baik sangat menentukan jika Anda ingin mengambil KPR, membuka kartu kredit, menyewa apartemen, dan bahkan mendapat peluang kerja.

Baca juga: Daftar Lengkap Bank dan Perusahaan Leasing yang Beri Kelonggaran Kredit

Stimulus yang dikeluarkan pemerintah pun tak membuat semua orang mendapat keringanan cicilan.

Untuk itu, penting bagi Anda mengambil tindakan sekarang dalam melindungi kredit, sehingga membuat skor kredit lebih mudah bangkit setelah pandemi berakhir.

Dikutip dari CNBC, Jumat (3/4/2020), berikut ini 5 hal yang dalam Anda lakukan jika secara finansial mempengaruhi skor kredit saat pandemi.

1. Hubungi pihak peminjam

Salah satu cara untuk mendapat keringanan kredit saat pandemi adalah menghubungi perusahaan pinjaman Anda, baik perbankan maupun perusahaan pembiayaan. Setidaknya, cobalah dahulu untuk melakukan panggilan.

Untuk mendapat bantuan, konsumen debitur memanggil penyedia pinjaman untuk mendapatkan bantuan.

Anda harus menghubungi setiap pemberi pinjaman yang tidak dapat Anda bayar dan meminta bantuan secara terpisah.

Baca juga: Relaksasi Kredit, Apa Untungnya untuk Nasabah dan Industri Keuangan?

2. Kode bencana alam dalam laporan kredit

Jika Anda merasa skor kredit akan terpengaruh, mintalah perusahaan untuk menambahkan kode bencana alam ke dalam laporan kredit.

Bahkan sebetulnya, kode ini dapat diterapkan pada peristiwa di luar bencana alam, termasuk pandemi virus corona saat ini.

"Ketika kode itu ditambahkan ke akun, itu sebenarnya menambahkan kalimat ke akun Anda yang bertuliskan 'terpengaruh oleh bencana alam," kata pakar skor kredit dan penilaian kredit, John Ulzheimer.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X