Meikarta Bangun Gedung Tambahan di RS Siloam Khusus Pasien Covid-19

Kompas.com - 15/04/2020, 12:37 WIB
Bangunan tambahan (warna biru) sedang dalam proses pembangunan di RS Siloam Kebon Jeruk. DOK. MEIKARTABangunan tambahan (warna biru) sedang dalam proses pembangunan di RS Siloam Kebon Jeruk.

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna membantu pemerintah dalam memfasilitasi penanganan pasien virus corona atau Covid-19, Meikarta membangun gedung tambahan di 4 RS Siloam yang mampu menampung hingga sekitar 100 pasien.

Proses pembangunan gedung memakan waktu 4 minggu pengerjaan, dan ditargetkan rampung pada 21 April 2020.

Chief Marketing Officer Meikarta Lilies Surjono mengatakan, dengan membangun gedung tambahan di beberapa lokasi RS Siloam diharapkan mampu membantu masalah kekurangan ruangan untuk menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Ditanggung Kemenkes, RS Siloam Tak Pungut Biaya Perawatan Pasien Covid-19

“Gedung tambahan ini juga membantu memisahkan antara pasien rumah sakit dan pasien Covid-19, serta membantu meringankan beban kepada rumah sakit rujukan pemerintah,” ucap Lilies melalui siaran media, Rabu (15/4/2020).

Adapun fasilitas tambahan berupa gedung yang diangun Meikarta di 4 RS Siloam meliputi RS Siloam Kebon Jeruk, RS Siloam TB Simatupang, RS Siloam Lippo Karawaci, dan RS Siloam Kelapa Dua.

Fasilitas tersebut juga akan didukung oleh tenaga medis dari Siloam Hospital Group.

Chief Development & Project Officer Meikarta Chung Huang mengatakan, gedung tambahan ini memisahkan antara pasien rumah sakit dan pasien Covid-19.

Baca juga: Rumah Sakit Bisa Klaim Biaya Pasien Corona ke Kemenkes, Ini Caranya

Gedung tambahan juga dilengkapi negative pressure agar udara di dalam tidak dibuang keluar gedung.

Selain itu, gedung juga dilengkapi dengan ruang isolasi untuk pasien kondisi kritis, dan juga ruangan khusus tenaga medis seperti ruang pasang APD, Locker, Shower, dan Control Room yang terpisah dari area pasien.

“Fasilitas tersebut saat ini sudah berjalan dari bulan lalu dan diharapkan dalam waktu dekat akan segera selesai dan dapat langsung digunakan untuk tim medis dari Siloam Hospital,” ucap Chung Huang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X