Prosedur dan Cara Mencairkan Dana Kartu Prakerja Lewat ATM

Kompas.com - 25/04/2020, 20:37 WIB
ATM BNI Kompas.com/Ronny Adolof BuolATM BNI

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 168.111 orang dinyatakan lolos dalam seleksi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang I. Jumlah itu lebih kecil dari kuota yang ditetapkan pemerintah yaitu sebanyak 200.000 peserta untuk pendaftar program yang mencapai 5,9 juta peserta.

Bagi pendaftar Kartu Pekerja 2020 yang dinyatakan lolos seleksi, pemerintah memberikan dana sebesar Rp 3.550.000 yang dialokasikan untuk membayar biaya pelatihan (kursus online) dan insentif bagi pesertanya. Dana tersebut akan ditransfer lewat rekening bank atau dompet digital (e-wallet).

Pagu untuk membayar pelatihan ditetapkan sebesar Rp 1.000.000. Sementara untuk insentif terdiri dari dua bagian, yakni insentif pasca-penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp 2.400.000).

Kemudian insentif pasca-pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp 150.000). Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama.

Baca juga: Pendiri Ruangguru Beberkan Aliran Dana Rp 5,6 Triliun Kartu Prakerja

Jika telah menerima dana tersebut di rekeningnya, maka peserta Kartu Pekerja bisa memilih pelatihan atau kursus yang disediakan secara online. Ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara pelatihan Kartu Pekerja di Prakerja.go.id.

Untuk dana yang mengendap untuk biaya pelatihan, hanya bisa dipakai untuk membayar pelatihan alias tak bisa dicairkan. Saldo uang pelatihan tersebut juga akan hangus jika tak terpakai untuk pelatihan online selama sebulan.

Sementara untuk dana insentif pasca-penuntasan pelatihan dan pasca-pengisian survei evaluasi bisa dicairkan di rekening BNI. Bank pelat merah ini jadi salah satu mitra pembayaran untuk program Kartu Prakerja 2020.

Berikut cara mencairkan dana bantuan Kartu Prakerja ke rekening BNI ( cara mencairkan dana Kartu Prakerja lewat ATM):

  1. Buka rekening BNI Taplus Prakerja tanpa setoran awal dan bebas biaya administrasi 1 tahun pertama di http://bit.ly/eForm-BNIPrakerja. Nomor rekening akan kamu terima melalui SMS dari BNI.
  2. Daftarkan dirimu di www. prakerja.go.id lalu ikuti tes seleksinya.
  3. Informasi penerimaan hasil seleksi program Kartu Prakerja akan dikirim melalui email yang didaftarkan.
  4. Pilih mitra penyedia pelatihan yang sudah bekerja sama di www.prakerja.go.id.
  5. Ikuti pelatihan online hingga selesai dan mendapatkan sertifikat online.
  6. Ikuti survei pasca pelatihan melalui www.prakerja.go.id kemudian daftarkan nomor rekening BNI Taplus Prakerja sebagai rekening penerimaan insentif pelatihan dan survei.
  7. Dana insentif dan survei ditransfer ke rekening tabungan BNI. Kunjungi kantor cabang BNI untuk bisa aktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI. Cairkan dana insentif di jaringan ATM BNI dan Link.
  8. Dana siap dicairkan lewat ATM.

Baca juga: Cara Mencairkan Saldo Bantuan Kartu Prakerja untuk Bayar Pelatihan

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan jumlah total penerima manfaat program Kartu Prakerja mencapai 5,6 juta orang. Secara keseluruhan, poemerintah menganggarkan Rp 20 triliun untuk program Kartu Pekerja, lebih besar dari rencana awal yang sebesar Rp 10 triliun.

Lalu, bagaimana cara mencairkan saldo bantuan Kartu Prakerja untuk bayar pelatihan online?

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X