Kompas.com - 11/05/2020, 13:40 WIB
Logo Toyota ibtimesLogo Toyota

HONG KONG, KOMPAS.com – Dalam upaya membatasi investasi asing, pemerintah Jepang menunjuk 518 perusahaan yang terdaftar di bursa saham Tokyo untuk memastikan komposisi kepemilikan asing tidak lebih dari 50 persen.

Ini termasuk saham raksasa teknologi Sony dan otomotif Toyota.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (11/5/2020), Kementerian Keuangan Jepang setelah penutupan perdagangan saham pada Jumat (8/5/2020) lalu, menyatakan 518 perusahaan ditunjuk sebagai inti dalam menjamin keamanan nasional Jepang.

Baca juga: Ekonomi Jepang dan Singapura Bakal Paling Parah Terdampak Corona?

Hal ini mencakup pemberian izin kepada asing yang ingin berinvestasi di perusahaan Jepang.

Daftar 518 perusahaan ini mencakup perusahaan agen penyewaan apartemen, perusahaan pialang online, agen perjalanan, hingga layanan pemberian hadiah online.

Kementerian mengatakan langkah-langkah itu diambil untuk menjamin keamanan nasional negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kementerian tidak akan menghalangi upaya untuk meningkatkan tata kelola perusahaan atau meningkatkan pengembalian pemegang saham.

Baca juga: Terpukul Virus Corona, Ekspor Jepang Anjlok

Aturan ini merevisi ketentuan yang sudah ada sebelumnya.

Dalam aturan sebelumnya, investor asing harus menginformasikan kepada Kementerian Keuangan Jepang jika akan melakukan akuisisi atau untuk mencalonkan seorang direktur maupun mengusulkan penghapusan divisi terkait keamanan.

Aturan ini juga memungkinkan Kementerian Keuangan Jepang melakukan perlindungan terhadap aktivitas pemegang saham asing, apakah kesepakatan hingga pemblokiran. Ini seperti upaya yang dilakukan investor Daniel Loeb dalam memecah Sony.

Adapun peraturan yang lebih ketat mencakup investasi asing dalam banyak sektor penting bagi keamanan nasional, seperti industri minyak, kereta api, utilitas, senjata, ruang angkasa, tenaga nuklir, penerbangan, telekomunikasi dan keamanan siber.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.