Bisnis Terdampak Virus Corona, Emirates Berencana Tambah Utang

Kompas.com - 11/05/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi awak kabin maskapai penerbangan Emirates. SHUTTERSTOCK/SORBISIlustrasi awak kabin maskapai penerbangan Emirates.

DUBAI, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab Emirates berencana meningkatkan utang untuk membantu menghadapi krisis akibat pandemi virus corona.

Namun demikian, belum jelas besaran utang yang akan ditarik oleh Emirates.

Langkah ini diambil Emirates karena menghadapi bulan-bulan yng paling sulit dalam sejarahnya.

Mengutip Reuters, Senin (11/5/2020), maskapai ini telah menangguhkan penerbangan penumpang reguler sejak Maret 2020 lalu. 

Baca juga: Hindari PHK karena Corona, Emirates Pangkas Gaji Karyawan

Wabah virus yang telah menghancurkan permintaan perjalanan global. Emirates sendiri berpendapat, pemulihan perjalanan setidaknya terjadi dalam 18 bulan lagi.

Emirates juga melaporkan pertumbuhan laba pada tahun fiskal 2019 yang berakhir pada 21 Maret 2020. Adapun lantaran virus corona menganggu kinerja pada kuartal terakhir 2019, maka Emirates harus menambah utang.

"Pandemi Covid-19 akan berdampak besar pada kinerja 2020-2021 kami," kata Direktur Emirates Sheikh Ahmed bin Saeed dalam pernyataan tertulis.

Oleh karena itu, imbuh bin Saeed, pihaknya telah mengambil berbagai langkah yang agresif.

Baca juga: Laba Emirates Sentuh Rekor Terendah dalam 10 Tahun

Dalam e-mail internal yang dikirim ke staf pada Minggu (10/5/2020), dia mengatakan bulan-bulan mendatang akan menjadi hal yang paling sulit dalam 35 tahun sejarah maskapai tersebut.

"Pada titik tertentu jika situasi bisnis kita tidak membaik kita harus mengambil tindakan lebih keras," jelas bin Saeed.

Emirates juga menyatakan tidak akan membayar dividen tahunan kepada pemerintah Uni Emirat Arab sebagai pemegang saham.

Sementara itu Wakil Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Rashid Al Maktoum menyebut Emirates akan segera membaik dari krisis kesehatan saat ini dan menjadi pemimpin global dalam industri penerbangan.

Pada Maret yang lalu, pemerintah juga telah menyuntikkan dana ke Emirates. Dalam laporan tahunannya, Emirates juga menyebut pemerintah akan mendukung secara finansial apabila memang dibutuhkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X