OVO: Ada Perubahan Gaya Hidup setelah Sebulan WFH Diterapkan

Kompas.com - 11/05/2020, 14:44 WIB
Ilustrasi Ovo KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi Ovo

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform pembayaran digital, OVO, mencatat ada perubahan gaya hidup di masyarakat setelah Work From Home (WFH) diterapkan selama sebulan penuh.

Dalam keterangan resmi, Senin (11/5/2020), perubahan gaya hidup yang dimaksud meliputi cara membeli makanan dan minuman, maupun transaksi kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini transaksi nontunai untuk membeli berbagai keperluan mengalami kenaikan.

Selama kebijakan physical distancing dan WFH, pengguna OVO juga tercatat lebih banyak membeli paket data internet.

Pengguna OVO juga cenderung memilih untuk membeli makanan/minuman secara online dibandingkan harus keluar rumah untuk membelinya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi GrabFood ikut melonjak, yang dapat menempuh jarak dari Jakarta ke Aceh jika ditumpuk.

“Di tengah masa-masa yang penuh tantangan ini, kami melihat penggunaan OVO semakin meningkat sejalan dengan imbauan untuk mengurangi penggunaan uang tunai untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 lewat uang kartal,” ucap Sinta Setyaningsih, Head of PR OVO.

OVO mencatat kebiasaan pengguna membeli kopi tetap tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Jika mereka berbaris dalam satu antrian sembari menerapkan physical distancing, maka akan setara panjangnya dengan 8.000 lapangan sepak bola. Lalu, seorang kasir harus menghabiskan 16.000 hari untuk menyelesaikan transaksi online dengan OVO.

Dalam periode ini, transaksi kebutuhan sehari-hari (groceries) juga meningkat, di mana total belanja groceries pengguna OVO dapat memenuhi kebutuhan beras untuk seluruh masyarakat di Jawa Tengah.

Terakhir, OVO mencatat transaksi dari edukasi online mengalami peningkatan sebanyak tiga kali lipat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X