KILAS

Jadi Favorit Milenial, Dompet Digital Tawarkan Promo dan Kemudahan Transaksi

Kompas.com - 13/05/2020, 14:23 WIB

KOMPAS.com – Penelitian dari perusahaan riset pasar Ipsos menemukan sebanyak 68 persen pengguna dompet digital atau e-wallet adalah generasi milenial.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (12/2/2020), Research Director Customer Experience Ipsos Indonesia Olivia Samosir mengatakan, tingginya angka milenial dalam menggunakan dompet digital karena produktivitas generasi ini jauh lebih tinggi daripada generasi lain.

Dari penelitian ini, lanjutnya, 40 persen di antaranya menggunakan dompet digital untuk transaksi pembayaran jasa transportasi online dan 32 persennya untuk jasa pesan antar makanan-minuman.

"Nah sisanya digunakan untuk transaksi pembayaran merchant," sambungnya.

Perilaku berbelanja milenial ini dapat dipahami mengingat berbagai macam dompet digital gencar menawarkan promo, diskon, hingga cashback di berbagai merchant, seperti toko retail pakaian hingga makanan.

Baca juga: Milenial dan Generasi Z, Mana yang Lebih Suka Pakai Dompet Digital?

Hasil riset Ipsos pun menunjukkan bahwa 71 persen milenial yang menggunakan dompet digital awalnya tergiur berbagai promo atau hadiah.

Walau demikian, lanjut Olivia, seiring bertambahnya waktu, kenyamanan juga menjadi alasan utama dan menggeser alasan promo.

Dari penelitian ini, sebanyak 68 persen responden mengaku menggunakan dompet digital karena alasan kenyamanan, 23 persen karena faktor promo, dan 9 persen alasan keamanan.

Adapun, responden dari penelitian ini adalah generasi milenial dan generasi Z dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Mudah, aman, dan nyaman

Tingginya alasan kenyamanan seperti laporan Ipsos juga bisa dipahami mengingat mudahnya layanan yang diberikan dompet digital.

Baca juga: Dompet Digital Tak Lagi Bakar Duit, Apa Dampaknya ke Konsumen?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.