28.200 Ton Gula Asal India Akan Masuk Indonesia Pada Awal Juni 2020

Kompas.com - 18/05/2020, 19:32 WIB
Pedagang gula pasir di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya mengeluhkan harga mahal dan stok mulai sulit sementara penjualannya dibatasi harga eceran tertinggi (HET), Jumat (13/3/2020) pagi. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAPedagang gula pasir di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya mengeluhkan harga mahal dan stok mulai sulit sementara penjualannya dibatasi harga eceran tertinggi (HET), Jumat (13/3/2020) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog mendapat kuota impor gula sebesar 50.000 ton dari pemerintah. Gula tersebut diimpor dari India.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, hingga saat ini baru 21.800 ton gula yang masuk ke Indonesia.

“Alhamdulillah dengan kerja sama kami dengan supplier di sana (India) dan bantuan Dubes di sana, penugasan Bulog itu sudah masuk 21.800 ton dari kuota 50.000 ton. Itu masuk kemarin 5 Mei di Tanjung Priok,” ujar Tri saat teleconference dengan wartawan, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Mendag Minta Tak Ada Lagi yang Jual Gula di Atas Rp 12.500 per kg

Tri menambahkan, sisa pasokan gula tersebut direncanakan baru masuk ke Indonesia pada awal Juni 2020. Kendati begitu, dia memastikan pasokan gula di dalam negeri hingga Lebaran nanti aman.

“Insya Allah minggu pertama Juni 2020. Selama India kan masih lockdown, insyaallah minggu pertama bulan Juni akan masuk 28.200 ton,” kata Tri.

Tri menjelaskan, saat ini Indonesia memang sedang kekurangan pasokan gula. Sebab, para petani lokal baru bisa memanen tebunya pada akhir Mei 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini memang kita shortage gula, karena memang petani kita panen tebu itu baru di akhir Mei. Yang biasanya giling di Maret-April, sekarang mungkin awal Juni. Ini yang menjadi persoalan. Jadi memang panen setelah Lebaran, padahal kita butuh sebelum Lebaran, ini kendala juga,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.