Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

28.200 Ton Gula Asal India Akan Masuk Indonesia Pada Awal Juni 2020

Kompas.com - 18/05/2020, 19:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog mendapat kuota impor gula sebesar 50.000 ton dari pemerintah. Gula tersebut diimpor dari India.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, hingga saat ini baru 21.800 ton gula yang masuk ke Indonesia.

“Alhamdulillah dengan kerja sama kami dengan supplier di sana (India) dan bantuan Dubes di sana, penugasan Bulog itu sudah masuk 21.800 ton dari kuota 50.000 ton. Itu masuk kemarin 5 Mei di Tanjung Priok,” ujar Tri saat teleconference dengan wartawan, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Mendag Minta Tak Ada Lagi yang Jual Gula di Atas Rp 12.500 per kg

Tri menambahkan, sisa pasokan gula tersebut direncanakan baru masuk ke Indonesia pada awal Juni 2020. Kendati begitu, dia memastikan pasokan gula di dalam negeri hingga Lebaran nanti aman.

“Insya Allah minggu pertama Juni 2020. Selama India kan masih lockdown, insyaallah minggu pertama bulan Juni akan masuk 28.200 ton,” kata Tri.

Tri menjelaskan, saat ini Indonesia memang sedang kekurangan pasokan gula. Sebab, para petani lokal baru bisa memanen tebunya pada akhir Mei 2020.

“Saat ini memang kita shortage gula, karena memang petani kita panen tebu itu baru di akhir Mei. Yang biasanya giling di Maret-April, sekarang mungkin awal Juni. Ini yang menjadi persoalan. Jadi memang panen setelah Lebaran, padahal kita butuh sebelum Lebaran, ini kendala juga,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com