BKPM Ajak Pemprov Dorong Investasi di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 05/06/2020, 12:58 WIB
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIKepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sistemik terhadap realisasi investasi.

Ia menyebut, realisasi investasi kuartal II 2020 dipastikan akan menurun dan target realisasi investasi tahun 2020 akan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

"Oleh karena itu, saya meminta baik di BKPM dan DPMPTSP Provinsi serta Kabupaten/Kota harus terus berkonsolidasi untuk mendorong realisasi investasi. Pemerintah saat ini belum bisa menentukan kapan pandemi Covid-19 akan berlalu, kita harus melakukan penyesuaian dengan keadaan ini," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Investasi Asing dari Singapura Naik 53 Persen pada Kuartal I 2020

Ia juga menyebut bahwa BKPM akan melakukan revisi target realisasi investasi triwulan II tahun 2020.

Tak hanya itu, Bahlil juga mengatakan dengan kondisi saat ini, baik pihaknya dan DPMPTSP Provinsi serta Kabupaten/Kota harus melakukan hal-hal di luar kelaziman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden Joko Widodo pun, kata dia, sudah menyampaikan bahwa saat ini ekonomi turun dan banyak orang kehilangan pekerjaan.

"Solusi untuk menciptakan lapangan kerja yaitu bisa melalui investasi,” sambung dia.

Baca juga: BKPM Akan Revisi Target Investasi RI Akibat Pandemi Covid-19

Bahlil juga mengajak seluruh Kepala DPMPTSP untuk selalu semangat dan optimis untuk menjaga investasi di Tanah Air.

"Saya yakin kita bisa kalau Bapak Ibu Kepala Dinas terus semangat. Kita kawal terus investasi ya!" tegas Bahlil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.