Masuknya Investor Asing Bikin Industri Perbankan Makin Kuat?

Kompas.com - 19/06/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menyatakan, masuknya investor asing di industri perbankan Tanah Air dapat memberi keuntungan untuk kepentingan perekonomian nasional.

Sebab, kehadiran investor asing ini bisa membuat industri perbankan semakin kuat dari sisi permodalan dan bisnis.

Hendrawan menyebut hal itu terkait rencana Kookmin Bank Korea yang telah menyatakan komitmennya untuk menjadi pemegang saham mayoritas Bank Bukopin.

Baca juga: Bank Bukopin di antara Investor Lokal dan Asing

Dia memandang, kehadiran Kookmin Bank akan membuat industri perbankan nasional menjadi semakin menarik.

Sebagaimana diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerima pernyataan Kookmin Bank, yang saat ini memiliki 22 persen saham Bank Bukopin, terkait kesiapan menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas.

Kookmin Bank akan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51 persen saham Bank Bukopin. Regulator menyatakan, Kookmin Bank telah melakukan penempatan dana di escrow account sebesar 200 juta dollar AS per tanggal 11 Juni 2020 sesuai komitmen.

"Industri perbankan jadi tambah menarik karena kehadiran pemain-pemain yang datang dari banyak negara seperti AS, Eropa, Jepang, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Korsel, India, dan Thailand," ujar Hendrawan ketika dihubungi, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: OJK Tepis Isu Kookmin Bank Gagal Atasi Masalah Likuiditas Bank Bukopin

Menurutnya, masuknya Kookmin Bank pertanda bahwa investor global semakin percaya dengan kondisi perbankan dan ekonomi Indonesia.

"Dari perspektif investasi tentu bagus. Artinya Indonesia dinilai sebagai pasar yang menarik," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X