Miliarder India Masuk Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

Kompas.com - 24/06/2020, 13:25 WIB
Pengusaha Mukesh Ambani dan istrinya, Nita. MirrorPengusaha Mukesh Ambani dan istrinya, Nita.

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder India sekaligus orang terkaya di Asia Mukesh Ambani masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia.

Dikutip dari CNN, Rabu (24/6/2020), Ambani merupakan pimpinan dan CEO Reliance Industries. Kekayaannya kini melonjak menjadi 64,5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 913,8 triliun (kurs Rp 14.168 per dollar AS).

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Ambani menggeser pendiri Oracle Larry Ellison dan pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyer dan menduduki peringkat 9 daftar orang terkaya di dunia.

 

Baca juga: Berkat Facebook, Miliarder India Kembali Jadi Orang Terkaya di Asia

Ambani merupakan satu-satunya orang Asia yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia.

Di bawah kepemimpinan Ambani, Reliance tumbuh dari perusahaan migasi menjadi konglomerasi besar yang bisnisnya merambah ritel, telekomunikasi, platform digital, dan banyak lagi.

Adapun dalam kurun waktu tiga bulan, bisnis teknologi digital Reliance, Jio Platforms memperoleh suntikan investasi lebih dari 16,5 miliar dollar AS atau sekira Rp
233,7 triliun.

Saham Reliance pun melesat lebih dari dua kali lipat sejak berada di level terendah pada Maret 2020. Sejak awal tahun, saham Reliance menguat 17,2 persen.

Baca juga: Ini 5 Orang Terkaya Dunia, Harta Bezos Melonjak Rp 98 Triliun dalam Sepekan

Namun demikian, meski saham Reliance positif, banyak perusahaan di India terpukul pagebluk virus corona. Perekonomian India pun tampaknya bakal anjlok akibat pandemi tersebut.

Sejumlah investasi teranyar yang diterima Jio Platforms termasuk di antaranya lebih dari 15 miliar dollar AS dari Facebook dan investor top Silicon Valley Silver Lake dan TPG.

Jio Platforms juga diguyur investasi dari sovereign wealth fund Abu Dhabi sebesar 1,2 miliar dollar AS. Tak mau ketinggalan, sovereign wealth fund Arab Saudi juga menanam investasi 1,5 miliar dollar AS.

Derasnya investasi tersebut akan mendukung ambisi Ambani untuk menjadikan Jio Platforms raksasa teknologi yang bisa menyaingi Google dan Alibaba.

Investasi sebesar 5,7 miliar dollar AS dari Facebook memberi sinyal kuat bahwa Ambani dan raksasa media sosial tersebut ingin menciptakan platform yang mirip WeChat, di mana pengguna memiliki akses fitur pesan singkat, mobile banking, media sosial, dan layanan lainnya.

 



Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X