Valuasi 4 Perusahaan Teknologi Ini Tembus Rp 14.200 Triliun, Apa Saja?

Kompas.com - 07/07/2020, 08:05 WIB
Ilustrasi logo Amazon. TheVergeIlustrasi logo Amazon.

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebanyak empat perusahaan raksasa teknologi Amerika Serikat menembus valuasi pasar lebih dari 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 14.200 triliun (kurs Rp 14.200), pada akhir perdagangan saham di Wall Street Senin (6/7/2020) waktu setempat.

Dikutip dari CNBC, Selasa (7/7/2020), capaian tersebut sebenarnya telah dicapai oleh keempat perusahaan sebelum pandemi virus corona (Covid-19) melanda Amerika Serikat.

Rekor tersebut menunjukkan ketahanan industri teknologi di tengah pandemi global, ancaman resesi, dan lonjakan tingkat pengangguran yang terjadi di Negeri Paman Sam tersebut.

Baca juga: Google Bakal Bayar Konten Berita, Kapan Diterapkan di Indonesia?

Alphabet yang merupakan induk perusahaaan Google adalah yang terakhir masuk dalam kelompok korporasi dengan nilai valuasi mencapai 1,02 triliun dollar AS pada penutupan perdagangan saham. Adapun valuasi Apple mencapai 1,64 triliun dollar AS, dan Microsoft memiliki valuasi pasar 1,61 triliun dollar AS.

Untuk Amazon, perusahaan tersebut telah mendapatkan untung yang luar biasa besar akibat kebijakan untuk tinggal di rumah ketika perusahaan lain kelimpungan, mencatatkan valuasi 1,52 triliun dollar AS ketika penutupan perdagangan saham.

Peningkatan nilai valuasi pasar tersebut didorong oleh kinerja saham di Wall Street yang melonjak perdagangan hari itu. Misalnya saja untuk indeks Dow Jones Industrial Average menguat 459 poin, atau 1,78 persen, sedangkan S&P 500 berakhir menguat 1,59 persen. Untuk Nasdaq Composite yang sebagian besar sahamnya berasal dari sektor teknologi melejit 2,21 persen menembus level tertinggi sepanjang masa.

Untuk diketahui, keempat raksasa teknologi tersebut sempat menembus level 1 triliun dollar AS pada akhir Januari lalu dan memertahankan posisi tersebut hingga Februari. Namun demikian, pandemi yang menyebabkan pasar saham anjlok turut berpengaruh terhadap valuasi Apple, Microsoft, Alphabet, hingga Amazon.

Baca juga: Giliran Adidas dan Ford yang Berhenti Pasang Iklan di Facebook



Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X