Ahok: Ke Depan, Dirut Pertamina Tidak Perlu dari BUMN Lain

Kompas.com - 17/07/2020, 07:17 WIB
Foto yang diunggah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Presiden Joko Widodo. Twitter/@basuki_btpFoto yang diunggah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Presiden Joko Widodo.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, saat ini perseroan tengah memasuki budaya baru.

Budaya baru yang dimaksud ialah memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh jajaran karyawan Pertamina agar dapat menduduki posisi strategis di perseroan.

"Yang perlu kita perhatikan pada seluruh insan Pertamina adalah kita akan memasuki sebuah budaya baru," katanya dalam video yang diunggah oleh Pertamina, Rabu (16/7/2020).

Baca juga: Soal IPO Subholding, Ahok: Kita Harap Masyarakat Bisa Miliki Pertamina

Dengan adanya budaya baru tersebut, seluruh karyawan Pertamina tanpa terkecuali dapat menempati berbagai posisi strategis, seperti senior vice president (SVP) dan jajaran direksi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap, dengan adanya langkah tersebut, Pertamina nantinya bisa dipimpin oleh orang yang berasal dari dalam perseroan.

"Golongan yang PRL-nya di bawah 15 pun Anda berhak untuk ikut tes menduduki posisi sampai SVP. Harapan kita ke depan, dirut (direktur utama) Pertamina pun tidak perlu lagi dari BUMN lain, tapi bisa dari insan Pertamina yang mendudukinya," tuturnya.

Dengan demikian, nantinya jajaran direksi yang sudah memasuki masa pensiun dapat kembali berpartisipasi membantu kinerja Pertamina melalui posisi dewan komisaris.

Baca juga: Penasaran Berapa Harta Kekayaan Ahok?

Apabila nantinya langkah tersebut bisa terealisasi, Ahok yakin berbagai BUMN lain akan mengikuti.

"Pertamina bisa menjadi satu model, maka seluruh BUMN akan mengkuti jejak seperti ini," ucapnya.

Sebagai informasi, posisi direktur utama Pertamina saat ini ditempati oleh Nicke Widyawati. Sebelum bergabung ke jajaran direksi Pertamina, Nicke merupakan Direktur Perencanaan PT PLN (Persero).

Barulah pada 2017 ia ditunjuk sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Lalu, pada 2018 Nicke mulai menjabat sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina, menggantikan Elia Massa Manik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X