Tak Perlu ke Samsat, Bayar Pajak Kendaraan Bisa via Bukalapak

Kompas.com - 20/07/2020, 09:46 WIB
Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19. ANTARA FOTO/SENOSeorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kini semakin mudah dilakukan. Saat ini pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, tak perlu lagi harus repot datang ke Samsat setempat untuk membayar pajak tahunan ini.

Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan via online. Salah satu marketplace yang sudah menyediakan pembayaran pajak kendaraan online adalah Bukalapak.

Director of Payment, Fintech and Virtual Products Bukalapak, Victor Lesmana, menjelaskan sepanjang tahun 2020, jumlah pengguna rata-rata pembayaran pajak kendaraan online per bulan mencapai ribuan users.

Sebaran wilayah pengguna Samsat Online Nasional atau Samolnas meliputi Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Online

"Kami berharap fitur pembayaran Samolnas dapat mempermudah wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara yang efisien, mudah diakses, dan real time," kata Victor dalam keterangannya, Senin (20/7/2020).

"Kami akan terus melakukan edukasi dan upaya memberikan informasi mengenai pelayanan ini kepada masyarakat luas, dengan harapan makin banyak pengguna yang mengetahui fitur ini," kata dia lagi.

Samolnas bisa dibayarkan melalui metode pembayaran dari bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Bukalapak via ATM transfer dan virtual account di Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan BNI.

Pembayaran Samolnas juga bisa melalui metode pembayaran DANA, kartu kredit, serta jaringan gerai minimarket Indomaret dan Alfamart.

Baca juga: Jika PNS Aktif Meninggal, Ahli Waris Dapat Apa?

"Pembayaran Samolnas melalui Bukalapak sangat praktis. Selama user sudah mempunyai kode billing, user tinggal memasukan kode billing tersebut ke fitur Samolnas di Bukalapak, mereka tinggal melakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang disediakan oleh Bukalapak, dengan biaya administrasi sebesar Rp 5.000," terang Victor.

Pengesahan stempel STNK

Untuk melakukan pengesahan, pemilik kendaraan bisa mendatangi kantor Samsat terdekat di daerah sesuai domisili maksimal 30 hari kalender setelah melakukan pembayaran dengan membawa beberapa dokumen, diantaranya KTP asli pemilik kendaraan, STNK asli, dan bukti pembayaran transaksi Samolnas di Bukalapak.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X