Buntut Keluhan Klien, Jouska Bakal Dipanggil Satgas Waspada Investasi

Kompas.com - 23/07/2020, 10:16 WIB
Kepala Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing usai membuka Warung Waspada Investasi di Jakarta, Jumat (1/11/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKepala Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing usai membuka Warung Waspada Investasi di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Satgas Waspada Investasi (SWI) bakal memanggil perusahaan penyedia layanan jasa perencanaan keuangan, Jouska Indonesia, pekan depan.

Pemanggilan dilakukan menyusul banyaknya klien Jouska yang merasa dirugikan karena dinilai menempatkan dana investasi secara serampangan. Klien mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah karena jatuhnya harga saham hingga 70 persen.

Ketua SWI Tongam L Tobing mengatakan, pihaknya meminta Jouska untuk memberikan keterangan dan penjelasan mengenai izin kegiatan, izin produk, hingga izin usaha yang telah dijalaninya.

"Kami Satgas Waspada Investasi masih mendalami dan akan memanggil Jouska untuk menjelaskan legalitas dan kegiatan bisnisnya," kata Tongam kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Ada Dugaan Rugikan Klien, OJK Mau Atur Jouska Dkk?

Pemanggilan akan meneliti dan menganalisis lebih lanjut peran perencana keuangan. Pasalnya, perusahaan perencanaan keuangan tidak bisa bertindak seperti manajer investasi (MI) yang bisa menempatkan dana klien dalam produk investasi, utamanya saat klien tidak bisa mengontrol dana tersebut.

Adapun tindakan lainnya setelah pemanggilan bakal didiskusikan lebih lanjut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti kami lihat setelah bertemu dengan Jouska," pungkasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, Jouska tidak masuk pengawasan OJK karena bukan lembaga jasa keuangan. Selain itu, izin usahanya pun tidak dikeluarkan oleh OJK.

Kendati demikian, OJK telah berkoordinasi dengan SWI untuk menindaklanjuti laporan klien Jouska yang masuk ke OJK.

"Kami sudah mendapatkan laporan terkait hal ini dan telah berkoordinasi dengan Satgas Waspada Investasi untuk dapat menindaklanjuti," kata Sekar kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Soal Kerugian Klien Jouska, OJK Koordinasi dengan Satgas Waspada Investasi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X