Ini Kebiasaan yang Buat Literasi Keuangan Milenial Rendah

Kompas.com - 13/08/2020, 20:10 WIB
Ilustrasi generasi milenial menabung, ilustrasi Sandwich Generation SHUTTERSTOCKIlustrasi generasi milenial menabung, ilustrasi Sandwich Generation
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di era serba canggih, milenial ternyata memiliki literasi keuangan yang rendah. Hal ini lantaran kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan milenial akibat kuranganya pengetahuan dalam mengatur keuangan yang tepat.

Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, generasi milenial yang merupakan critical economic player, memiliki literasi keuangan yang rendah lantaran minimnya pemahaman dan edukasi sejak dini.

“Orang itu butuh uang untuk berjaga-jaga. Milenial perlu mndapatkan pemahaman keuangan dengan baik, karena kalau tidak di-manage dengan baik, bisa salah arah,” kata Tirta dalam streaming video, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Soal Subsidi Gaji Rp 600.000, Ini Keluhan Pengusaha

Tirta mengatakan, survei OJK menunjukkan tingkat literasi keuangan milenial yang rendah disebabkan oleh berbagai faktor. Misalkan saja pengetahuan mengenai manfaat investasi dan istilah-istilah dalam melakukan investasi.

“Kelompok milenial belum mengetahui terkait konsep compound interest atau bunga majemuk atau bunga berbunga, perbedaan antara suku bunga flat dan efektif. Kemudian, mereka juga tidak sadar, dengan investasi 15 tahun lebih awal sebelum masa pensiun maka uang yang ditanamkan bisa tumbuh 4 kali lipat,” kata dia.

Hal selanjutnya, yang paling sering dilakukan milenial adalah cenderung lebih menyukai hal yang bersifat pengalaman daripada mulai menjalankan investasi untuk masa depan.

Ia mengatakan milenial lebih senang menghabiskan uang untuk liburan dan segala bentuk kesenangan, namun enggan menambah perolehan aset mereka.

Tirta mengatakan umumnya milenial yang memegang prinsip "hidup hanya satu kali", cenderung tidak mempersiapkan dana darurat untuk mengatasi kondisi-kondisi yang mungkin terjadi secara tiba-tiba. Padahal, pandemi Covid-19 ini menyadarkan banyak orang pentingnya menguatkan pertahanan keuangan.

Baca juga: Ada Program KPR Tanpa Cicilan Selama 2 Tahun, Minat?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X