Pertamina Gelar SMEXPO 2020, Luhut: Ini Adalah Satu Terobosan Agar UMKM Selamat

Kompas.com - 09/09/2020, 14:51 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan dalam acara restorasi terumbu karang, di Nusa Dua, Bali, Rabu (19/8/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan dalam acara restorasi terumbu karang, di Nusa Dua, Bali, Rabu (19/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran UMKM virtual Pertamina SMEXPO 2020 mulai dibuka hari ini, Rabu (9/9/2020). Pameran yang digelar oleh PT Pertamina (Persero) itu dinilai mampu memulihkan kinerja para pelaku UMKM yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi langkah Pertamina yang mendukung penuh UMKM, mulai dari pembinaan hingga pemasaran melalui acara pameran virtual tersebut.

"Ini adalah salah satu terobosan penting agar UMKM bertahan,” katanya pada saat membuka Pertamina SMEXPO 2020, Rabu.

Baca juga: Gelar Pameran UMKM Virtual, Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menilai acara pameran virtual ini juga akan mampu mempercepat proses adaptasi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Ia mengakui, pandemi yang terjadi sejak Maret lalu, telah memberatkan arus keuangan berbagai pelaku usaha, khususnya dari sektor UMKM.

“SMEXPO juga memperluas akses pasar baik dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio juga berharap Pertamina SMEXPO dapat menjadi ajang promosi untuk produk lokal Indonesia.

“Dengan memanfaatkan teknologi di masa new normal ini, bisa menjadi wadah untuk mempromosikan produk dari daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Dukungan serupa juga datang dari Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Ia mendukung penuh Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar, dalam peran aktifnya mendukung UMKM Indonesia.

Baca juga: Pertamina Pastikan Masih Jual Premium dan Pertalite, Tapi...

“Ini adalah langkah untuk mendukung pelaku UMKM agar ekonomi masyarakat bangkit dari pandemi," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan dukungan penuh dari stakeholder menjadi kunci dalam upaya Pertamina membantu UMKM Indonesia. Menurutnya pemulihan UMKM membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

“Ini juga menjadi motivasi bagi UMKM untuk adaptif dan semakin cepat menangkap peluang pasar digital,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO akan digelar hingga September mendatang. Acara ini menghadirkan 1.226 pilihan produk dari 100 UMKM mitra binaan Pertamina.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X