Sudah 115 Persen, Penyaluran Kredit PEN Bank Mandiri Capai Rp 34,7 Triliun

Kompas.com - 13/09/2020, 13:57 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 34,7 triliun per 9 September 2020.

Angka itu melebihi target yang diharapkan, yakni sebesar Rp 30 triliun dari penempatan dana pemerintah Rp 10 triliun di Bank Mandiri.

Sebagai informasi, pemerintah meminta Bank Himbara, termasuk Bank Mandiri untuk me-leverage (menyalurkan) kredit 3 kali lipat lebih banyak dari dana yang telah ditempatkan.

Baca juga: Bank Mandiri: Kami Beruntung Dilahirkan Sebagai Bank Hasil Merger

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, kredit senilai Rp 34,7 triliun itu disalurkan kepada 90.000 debitur.

“Kami berkomitmen untuk terus memacu penyaluran kredit tersebut agar menjangkau lebih banyak lagi masyarakat, sehingga dapat mendorong perekonomian nasional,” kata Hery dalam siaran pers, Minggu (13/9/2020).

Hery menuturkan, kredit itu disalurkan ke kegiatan produktif. Dilihat dari segmen usaha debitur, penyaluran kredit ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah mencapai Rp 14,98 triliun ke lebih dari 90.000 debitur.

"Dalam penyalurannya, Bank Mandiri tidak hanya menyasar debitur eksisting, namun juga debitur baru. Seluruh debitur penerima pembiayaan PEN untuk segmen KUR merupakan debitur baru," ungkap Hery.

Baca juga: Royke Tumilaar Jadi Dirut BNI, Siapa Penggantinya di Bank Mandiri?

Penyaluran kredit ini bisa dipercepat berkat kanal digital Mandiri Pintar. Hery bilang, optimalisasi kanal digital mampu memangkas rantai administrasi dalam pengajuan kredit mikro produktif untuk segmen UMKM.

Melalui aplikasi ini, tenaga pemasar kredit mikro dapat langsung memproses pengajuan kredit cukup via gawai. Proses yang dibutuhkan sekitar 15 menit setelah tenaga pemasar mengajukan data debitur melalui Mandiri Pintar.

“Kami optimis dengan jaringan dan infrasruktur yang kami miliki akan membuat penyaluran kredit semakian cepat dan luas. Kita berharap melalui upaya ini dapat turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Hery.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X