Cara Bijak Menghemat Biaya Hidup saat Pandemi

Kompas.com - 30/09/2020, 17:31 WIB
ilustrasi pandemi virus corona di Indonesia SHUTTERSTOCKilustrasi pandemi virus corona di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan pandemi yang tidak bisa dihindari, memaksa banyak orang untuk bisa beradaptasi dengan berbagai keadaan. Termasuk bagaimana cara mengatur biaya hidup agar bisa menghemat saat pandemi ini.

Kebiasaan berhemat seharusnya sudah dimulai sejak dini, bahkan pada saat sebelum masa sulit tiba. Tetapi, jika kamu baru memulai, tak ada salahnya untuk belajar membiasakan diri berhemat.

Mulai kebiasaan baru, yaitu dengan menghemat pengeluaran dan bijak dalam mengalokasikan dana kebutuhan sehari-hari. Tentunya, belajar bijak juga untuk memilih pengeluaran kebutuhan dan keinginan.

Baca juga: 5 Tips dari Sandiaga Uno agar Bisnis Berkembang di Tengah Pandemi

Berikut cara-cara bijak menghemat biaya hidup semasa di saat pandemi.

1. Atur hidup sehat dan pola asupan

Di masa pandemi, makanan pokok menjadi kebutuhan primer yang diprioritaskan. Jika kamu tidak memenuhi gizi sehari-harinya, maka akan memengaruhi imunitas tubuh menjadi lemah, dan akhirnya gampang terserang penyakit.

Oleh karena itu, menerapkan hidup sehat dan menjaga pola asupan menjadi hal terpenting. Bisa diimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi dan seimbang. Kemudian, perbanyak makan buah dan sayur, serta minum air putih minimal 1,5 liter per harinya.

Kurangi juga makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak berlebih selama pandemi. Hal ini berguna agar kamu bisa menerapkan hidup sehat dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Makanan yang sehat dan higienis akan semakin terjaga apabila kamu memasak makanan sendiri di rumah. Cuci bersih setiap sayur, buah dan daging yang akan dimasak.

Dengan memasak makanan di rumah juga, kamu akan menghemat budget bulanan, karena secara langsung memangkas uang belanja bulanan.

Baca juga: Simak 4 Tips Keuangan Ini, Cocok untuk Hadapi Resesi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X