Tony Fernandes: Ini Tantangan, Kami Akan Bangkit Kembali

Kompas.com - 14/10/2020, 05:51 WIB
CEO AirAsia Tony Fernandes di kantor operasional AirAsia, Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2, Kamis (9/6/2016) KOMPAS.com / Bambang PJCEO AirAsia Tony Fernandes di kantor operasional AirAsia, Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2, Kamis (9/6/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri penerbangan secara global tengah lesu terimbas pandemi Covid-19. Namun AirAsia Group yakin bisa bangkit kembali lewat inovasi lini bisnisnya.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) mencatat, setidaknya pada April 2020 perjalanan udara anjlok 98 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, akibat negara-negara menutup perbatasannya.

Kerugian maskapai seluruh dunia diperkirakan mencapai 84 miliar dollar AS atau sekitas Rp 1.192 triliun pada tahun 2020. IATA memprediksi krisis industri penerbangan baru bisa pulih hingga 2024 mendatang.

Baca juga: Mengenal Porkas, Judi Lotre yang Pernah Dilegalkan Soeharto

Menanggapi tekanan tersebut, CEO AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan, bahwa hal ini merupakan tantangan dalam dunia penerbangan. Ia meyakini AirAsia akan mampu bertahan melewati masa pandemi.

"Ini tantangan bagi bisnis penerbangan, tapi kami akan bangkit kembali. Kami akan terus berupaya menghadapinya," ujar dia dalam roundtable media secara virtual, Selasa (14/10/2020).

Dalam menghadapi tantang tersebut, AirAsia melakukan berbagai inovasi mulai dari memperluas penerbangan domestik, kargo, pesan-antar makanan, hingga perdagangan daging akikah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbaru, maskapai asal Malaysia ini meluncurkan platform digital airasia.com, aplikasi super (super apps) ASEAN yang mencakup platform perjalanan, e-commerce, dan finansial teknologi (fintech).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih pada tim yang sudah bekerja keras, partner dan juga konsumen. Kami telah membuat super apps ASEAN dan sangat tertarik untuk melihat perkembangannya ke depan," ungkap Tony.

Baca juga: Menaker Sebut UU Cipta Kerja Cermin Solidaritas kepada Industri Kecil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X