Naik 192 Persen, RNI Raih Laba Bersih Rp 68 Miliar di Kuartal III 2020

Kompas.com - 03/11/2020, 13:42 WIB
Ilustrasi: Pabrik gula milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) KOMPAS.com/ Bambang PJIlustrasi: Pabrik gula milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mencatatkan laba bersih Rp 68 miliar pada penutupan kuartal III 2020 atau meningkat sebesar 192 persen dibanding pencapaian tahun lalu di periode yang sama.

Perolehan laba ini menandai adanya konsistensi kinerja positif perseroan sepanjang tahun 2020.

Direktur Keuangan RNI Pramusti Indrascaryo mengatakan, kinerja RNI yang kembali positif di kuartal III ini, merupakan pencapaian yang menggembirakan.

Baca juga: Rizal Ramli Tak Terkejut Jokowi Sebut Ekonomi Kuartal III Minus 3 Persen

Pada kuartal III 2019, perseroan sempat mencatatkan rugi sebesar Rp 73 miliar.

"Pencapaian positif ini memberikan optimisme menjelang penutupan tahun buku 2020," ujar Pramusti mengutip siaran persnya, Selasa (3/11/2020).

Menurut Pramusti, pencatatan laba ini ditopang oleh penjualan yang berasal dari sejumlah lini usaha.

Kontribusi terbesar berasal dari lini farmasi dan alat kesehatan sebesar 43 persen, disusul agroindustri gula sebesar 39 persen, perdagangan umum sebesar 16 persen, dan perkebunan sebesar 3 persen.

Pramusti mengatakan, kinerja positif ini tidak terlepas dari sejumlah strategi yang sukses dijalankan, yakni penerapan cost leadership, diferensiasi produk, serta pemberdayaan SDM.

Melalui penerapan cost leadership, perseroan berhasil melakukan efisiensi dan pengendalian biaya secara tepat sasaran.

Sampai dengan September 2020, tercatat perseroan berhasil menekan biaya usaha hingga sebesar 18 persen di bawah anggaran dan di bawah realisasi tahun lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X