Survei IPSOS: ShopeePay Jadi Dompet Digital yang Paling Sering Digunakan di Bulan Oktober

Kompas.com - 04/11/2020, 17:31 WIB
ShopeePay Deals Rp 1 menghadirkan berbagai promo menarik untuk kategori Belanja Dok. ShopeePayShopeePay Deals Rp 1 menghadirkan berbagai promo menarik untuk kategori Belanja

JAKARTA, KOMPAS.com - Ipsos melalui survei yang dilakukannya menunjukkan ShopeePay adalah dompet digital yang saat ini menjadi dompet digital yang paling sering digunakan di bulan Oktober 2020.

Associate Project Director Ipsos in Indonesia Indah Tanip mengatakan, untuk posisi ini, ShopeePay bersaing ketat dengan dompet digital OVO, GoPay, DANA, dan LinkAja.

"Berdasarkan survei yang kami temukan, pengguna dompet digital ShopeePay selama Oktober itu sebanyak 34 persen, lalu disusul dengan OVO sebanyak 28 persen, GoPay 17 persen, DANA 14 persen dan LinkAja 7 persen," ujar Indah dalam virtual media conference Ipsos, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi, Ini Cara Berdonasi Lewat ShopeePay

Menurut Indah, ada beberapa faktor yang menyebabkan ShopeePay menjadi pilihan utama masyarakat sebagai dompet digital.

Pertama, ShopeePay dianggap mudah digunakan dibandingkan dengan dompet digital lain.

Faktor kedua adalah dari sisi kemudahan top-up yang cenderung tidak terlalu ribet dan menghabiskan waktu yang banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melihat ada sebanyak 35 persen pengguna yang mengaku sangat puas karena ShopeePay mudah digunakan, sementara dari sisi kemudahan mengisi ulang saldo atau melakukan top-up ada sebanyak 36 persen. Jadi, 2 sisi ini yang menjadi faktor utamanya," ungkap Indah.

Selain itu, alasan lainnya karena ShopeePay menawarkan banyak promosi. Tercatat, ada sebanyak 31 persen responden yang sangat puas dengan promosi yang ditawarkan.

Alasan selanjutnya adalah karena ShopeePay sangat banyak hadir di toko online ataupun offline, sehingga membuat para pengguna semakin tertarik menggunakannya.

"Sekarang ShopeePay kita tahu banyak hadir di beberapa merchant. Belanja di e-commerce ada, bahkan di merchant offline pun juga ada. Hal ini juga lah yang membuat banyak pengguna yang tertarik dan tercatat ada sebanyak 22 persen yang mengaku senang dengan faktor layanan ini," kata Indah. 

Baca juga: Jumlah Transaksi Meningkat, ShopeePay Kembali Hadirkan Pesta Belanja Rp 1

Survei ini dilakukan secara online mulai dari tanggal 16-23 Oktober 2020 dengan mengikutsertakan 1.000 responden yang memiliki usia 18 tahun ke atas. 

Kriteria responden ini dilakukan berdasarkan pada usia, jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, pendidikan dan status ekonomi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.