Program Pembukaan Tabungan Pelajar Lampaui Target Jadi 825.272 Rekening

Kompas.com - 05/11/2020, 16:47 WIB
Ilustrasi pelajar membaca berita di koran Ilustrasi pelajar membaca berita di koran

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan terjadi pembukaan rekening baru untuk pelajar sebanyak 825.272 rekening selama berlangsungnya kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2020.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Kristrianti Puji Rahayu mengatakan, nominal yang dihasilkan dari pembukaan tabungan tersebut mencapai Rp 300,67 miliar.

"Capaian ini telah melampaui target yang ditetapkan sekitar 500.000 rekening (tabungan pelajar)," kata Kristrianti dalam acara penutupan BIK 2020 secara virtual, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Ini Strategi BMW untuk Merawat Eksistensi Brand

Kristrianti menuturkan, dari keseluruhan rekening tabungan pelajar, di antaranya juga memiliki fitur layanan bank digital.

Sementara, pembukaan rekening selain tabungan pelajar sebanyak 789.025 rekening dengan nominal sekitar Rp 35,51 triliun.

Selain itu, terdapat 44.758 pembukaan polis asuransi, 41.142 rekening efek baru, 92.672 debitur perusahaan pembiayaan, 10.667 rekening sektor pergadaian, dan 82.135 akun di sektor fintech.

Adapun penyaluran kredit dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional dan pembiayaan UMKM ataupun ritel di daerah telah mencapai Rp 19,27 triliun kepada 419.101 debitur.

"Ini kerja keras dari lembaga jasa keuangan yang sudah sama-sama dengan OJK mewujudkan capaian-capaian tersebut," ungkapnya.

Anggota Dewan Komsioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara menambahkan, jumlah pembukaan tabungan pelajar saat ini telah mencapai 46 persen dari total pelajar.

Pada tahun depan, OJK berencana menambah target pembukaan tabungan pelajar, yang merupakan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) menjadi 70 persen dari total pelajar di Indonesia.

Baca juga: Sri Mulyani: Konsumsi Kelas Menengah Atas Masih Terbatas...

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X