Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kiat Memulai Bisnis buat Milenial di Tengah Badai Resesi

Kompas.com - 14/11/2020, 17:00 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah tahu kan Indonesia masuk resesi. Mencari kerja pasti susahnya minta ampun. Yang kerja saja, dibayang-bayangi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Daripada stres sendiri memikirkan kerjaan, lebih baik coba ciptakan lapangan kerja. Ya, kamu yang jadi bosnya alias bikin usaha.

Meski ekonomi lagi sulit, tetapi peluang membangun usaha atau bisnis terbuka lebar. Asal jeli melihat pasar, kamu akan dengan mudah merealisasikan mimpi tersebut.

Simak beberapa tips memulai atau membangun usaha bagi milenial, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cari tahu apa yang kamu suka

Bekerja di bidang yang kamu tidak suka, pasti isinya mengeluh terus. Uring-uringan, tidak betah. Begitupun mendirikan usaha.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, cari tahu apa yang kamu sukai. Misalnya kamu suka memasak, maka buka rumah makan, kafe, restoran, atau bisnis kuliner lain, seperti buka katering, terima pesanan kue, dan sebagainya.

Kalau kamu membangun usaha sesuai minat, pasti hasilnya akan positif. Karena kamu menjalankannya dengan penuh rasa cinta dan sepenuh hati.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 7.000

2. Cari target pasar

Setelah tahu bisnis apa yang cocok denganmu, cari tahu juga siapa yang akan menjadi target pasarmu. Apakah bisnismu ditujukan untuk segmen anak-anak, remaja, dewasa, atau tua. Kalangan bawah, menengah, atau atas. Juga jenis kelamin dan pendidikan.

Dengan begitu, kamu akan dapat membuat atau menjual barang atau jasa sesuai target pasarmu. Sehingga tepat sasaran.

3. Cari informasi yang relevan

Langkah selanjutnya adalah mencari informasi yang berhubungan dengan bisnis yang akan kamu bangun. Misalnya ingin buka bisnis fesyen. Kamu perlu mencari informasi pemasok bahan pakaian yang bagus dan rumah, tren fesyen, macam-macam bahan, dan lainnya.

Dalam hal ini, kamu bisa memperoleh informasi tersebut dari internet, teman, keluarga, dan sumber lainnya. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, makin banyak pula referensinya.

Tetapi pastikan kamu menyaring informasi yang didapat. Jangan asal ‘telan’ semua informasi. Pilih yang mana yang paling pas untuk bisnismu nanti.

Baca juga: Jadi Orang Kaya Raya Bukan Mustahil asal Pakai Cara Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com