Indonesia Hadapi Bonus Demografi pada 2037, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 23/11/2020, 15:06 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCK/ARTHIMEDESIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Ateng Hartono mengatakan, di tahun 2037 Indonesia sudah berada pada posisi bonus demografi.

Dia menyebutkan, bonus demografi ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk memajukan kesejahteraan serta kemakmuran apabila masyarakat usia produktifnya memiliki kualitas sumber daya yang dapat menunjang serta memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara.

"Bonus demografi ketika usia penduduk produktif 65 tahun berada di atas penduduk nonproduktif, baik 15 tahun ke bawah atau 65 tahun ke atas. Dengan adanya bonus demografi ini, ekonomi bisa tumbuh dengan baik," ujar Ateng dalam diskusi webinar yang disiarkan secara virtual, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Deretan 7 Mal Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Menurut Ateng, apabila suatu negara sudah memasuki bonus demografi tapi tidak didukung dengan fasilitas-fasilitas yang ada, maka bonus demografi tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. 

Dia mencotohkan ada beberapa negara yang pernah merasakan kehilangan bonus demografi, seperti Brazil dan Afrika Selatan.

"Kenapa mereka bisa kehilangan bonus demografi? Karena pada saat kondisi seperti itu, ekonomi mereka sedang kritis jadi tidak bisa termanfaatkan," ucap Ateng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini pun, Ateng mengakui, Indonesia dan beberapa negara lain sedang menghadapi Covid-19, yang berpeluang terjadinya krisis.

Walaupun, peluang krisis tersebut tidak sebesar krisis ketika tahun 1998 yang lalu.

Oleh sebab itu, lanjut dia, untuk memanfaatkan momentum bonus demografi ini, Indonesia harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Maka dari itu, untuk meraih manfaat dari bonus demografi ini diperlukan usaha bersama dari seluruh lapisan masyarakat dan lembaga terkait, serta lapisan masyarakat," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.