Setelah Restrukturisasi, Pertamina Kembali Rombak Struktur Organisasi

Kompas.com - 26/11/2020, 19:28 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) kembali melakukan perombakan struktur organisasi, setelah diterapkannya restrukturisasi perusahaan sejak Juli lalu.

Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari, mengatakan, kali ini Pertamina melakukan perombakan divisi Corporate Secretary dengan pengembangan divisi baru di bidang komunikasi yang dipimpin oleh Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations (SVP Corcom & IR).

Keberadaan struktur baru SVP Corcom & IR ini merupakan pemisahan tugas yang sebelumnya berada dalam fungsi Corporate Secretary Pertamina.

Baca juga: Tahun Depan, China Beli Batu Bara Indonesia Senilai Rp 20,6 Triliun

Agus Suprijanto dipercayakan menjabat struktur baru sebagai SVP Corcom & IR dan telah dilantik oleh manajemen Pertamina pada September 2020 lalu.

Sebelumnya, Agus bertugas sebagai Vice President Supply Chain Management-Authority Coordination-Corporate Communication & External Affairs PT Pertamina Hulu Mahakam–anak usaha PT Pertamina Hulu Indonesia.

Struktur baru tersebut menjalankan tugas utama komunikasi perusahaan, baik internal maupun eksternal dengan membawahi dua Vice President (VP) yakni VP Corporate Communication dan VP Investor Relations.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini posisinya di leher, sama dengan Corporate Secretary. SVP Corcom & IR juga bertanggung jawab langsung kepada direktur utama," ujar Heppy dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Adapun jabatan Corporate Secretary yang sebelumnya membawahi Corporate Communication dan Investor Relations, kini hanya membawahi tiga pejabat setingkat Vice President yakni VP Corporate Social Responsibility and Small & Medium Enterprises Partnership Program (CSR & SMEPP), VP Stakeholders Relations, VP Compliance dan Manager Board Support.

Baca juga: Kurang Dari Satu Hari, Harga Bitcoin Anjlok Rp 42,3 Juta

"Dengan kehadiran pejabat baru dan perombakan organisasi diharapkan membawa kinerja yang lebih bagus dan fokus di masing-masing divisi serta membawa dampak positif bagi Pertamina," tutur Heppy.

Selain itu, Pertamina juga melakukan pergantian pejabat Corporate Secretary dari Tajudin Noor ke Brahmantya Satyamurti Poerwadi yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Stakeholder Relation.

Brahmantya sempat diperbantukan di Kementrian Kelautan dan Perikanan sebagai salah satu Dirjen.

Sementara Tajudin Noor saat ini dipercaya sebagai Senior Vice President Human Capital Development.

"Keduanya telah dilantik manajemen pada 25 November 2020," ucap Heppy.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.