Kirim Barang Pakai Kapal Kargo Bisa lewat Aplikasi

Kompas.com - 02/12/2020, 08:31 WIB
Ilustrasi ekspor dan impor. SHUTTERSTOCKIlustrasi ekspor dan impor.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KlikKapal Indonesia menghadirkan aplikasi digital yang diklaim akan memudahkan perusahaan pemilik kapal dan pemilik kargo, untuk berkomunikasi terkait bisnis jasa pengiriman barang tanpa harus bertatap muka atau bertemu secara fisik.

Direktur PT Klik Kapal Indonesia Yenywati Ngadimin mengatakan, platform ini bertujuan sebagai solusi atas permasalahan yang sering dihadapi oleh kedua belah pihak.

"Misalnya, untuk pemilik kapal adalah dalam hal utilitas kapal. Untuk pemilik kargo misalnya keterbatasan database kapal yang dipunyai. Di sinilah KlikKapal melihat adanya peluang untuk bisa mempertemukan pemilik kapal dan pemilik kargo tergabung dalam satu aplikasi atau platform sehingga mereka dapat berbisnis dengan lebih mudah," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: IHSG Masih dalam Tren Bullish, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Yeny menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut yang dipastikan hanya membutuhkan waktu maksimal 4 jam, pemilik kargo dapat membuat pesanan kapal. Kemudian, pemilik kapal dapat mengirimkan penawaran masing-masing.

Setelah itu, kedua belah pihak bisa melakukan penawaran harga yang sesuai. Selain itu, pemilik kargo juga dapat mengakses posisi kapal pada dashboard KlikKapal.

“Seperti halnya aplikasi jasa transportasi online yang marak digunakan untuk mengirimkan paket secara instan, kurang lebih seperti itulah KlikKapal dalam menyediakan kemudahan bagi pemilik kargo untuk mengirimkan kargonya," ujar dia.

Baca juga: Kemenperin: Investasi Senilai Rp 32,5 Triliun Bakal Masuk ke Industri Agro

Sementara, bagi pihak perusahaan pemilik kapal, lanjut dia, utilisasi unitnya dapat dioptimalkan secara efisien dalam berbisnis.

"Kemudian juga dengan proses transaksi yang transparan dan pastinya dengan biaya yang jelas dan lebih murah. Seluruh proses bertransaksi dibuat lebih efektif dan efisien bersama KlikKapal,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk platform KlikKapal sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store dan dapat langsung digunakan bagi Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo untuk memulai bisnis.

Baca juga: Sri Mulyani Terus Kejar Pajak Penghasilan Perusahaan Digital Asing



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X