Dapat Kucuran Rp 30 Miliar, Startup Minuman Ini Bakal Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Kompas.com - 11/12/2020, 15:09 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup minuman lokal, Haus! Indonesia, bakal melakukan ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia usai mendapatkan pendanaan senilai Rp 30 miliar dari BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara.

CEO Haus! Gufron Syarif mengatakan, dana investasi tersebut akan digunakan untuk fokus ekspansi di Pulau Jawa dan Bali pada 2021 hingga 2023 mendatang. Saat ini, bisnis perusahaan baru tersebar di Jabodetabek dan Bandung.

"Setelah mendapat pendanaan kami ingin hadir diseluruh indonesia. Jawa itu seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Garut, Tasik, Tegal dan sampai Bali," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: BRI Ventures Suntik Modal Rp 30 Miliar ke Startup Minuman Lokal, Haus!

Lalu pada 2024 Haus! bakal ekspansi ke Pulau Sumatera, yang dilanjutkan dengan masuk ke Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi pada 2025.

"Dan 2026 who knows (siapa tahu) kita bisa masuk ke regional (pasar Asia). Ini rencana-rencana," kata Gufron.

Dia menargetkan, setidaknya Haus! akan mampu membuka 1.000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, ia optimistis bisa memiliki hingga 3.000 gerai seiring dengan gencarnya rencana ekspansi.

Lantaran, Gufron yakin dengan menu makanan dan minuman yang dijual terjangkau seharga mulai dari Rp 5.000- Rp 20.000, maka akan bisa menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

"Karena kan dengan harga jual minuman Rp 5.000 itu bisa dijual sampai ke pelosok, kota kecil, maupun kabupaten," ujar dia.

Adapun saat ini Haus! memiliki 109 gerai yang berlokasi di Jabodetabek dan Bandung dengan mempekerjakan 800 karyawan.

Target pasarnya masyarakat menengah ke bawah dengan segmen mayoritas adalah generasi milenial dan gen Z.

Baca juga: Potensi Startup Indonesia Besar, MDI Ventures dan Finch Capital Luncurkan Arise Fund



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X