Ke Elon Musk, Jokowi Tawarkan Indonesia sebagai Tempat Peluncuran Roket SpaceX

Kompas.com - 13/12/2020, 10:57 WIB
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon yang berisi 4 kru lepas landas di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pada Minggu (15/11/2020). AP PHOTO/JOHN RAOUXRoket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon yang berisi 4 kru lepas landas di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pada Minggu (15/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menjajaki potensi kerja sama dengan orang terkaya kedua dunia, Elon Musk.

Pembahasan dilakukan langsung oleh Jokowi dan Luhut melalui sambungan telepon.

Dalam bincang-bincang lewat telepon tersebut, Jokowi menawarkan Elon yang merupakan founder, sekaligus SpaceX untuk meluncurkan roketnya di Indonesia.

Baca juga: Perjalanan Karier Elon Musk, Sempat Bangkrut, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

"Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," tulis Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam siaran pers, dikutip Minggu (13/12/2020).

SpaceX memang tengah rajin melakukan uji coba peluncuran roket ke luar angkasa dalam beberapa waktu ke belakang.

Bahkan, pada November lalu SpaceX berhasil mengirimkan 4 astronot NASA ke Stasiun Antariksa Internasional.

Selain itu, Jokowi juga menjajakan Elon terkait peluang investasi mobil listrik, Tesla, di Indonesia.

Baca juga: Salip Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik," tulis Kemenko Marves.

Menanggapi tawaran-tawaran tersebut, Elon akan berencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X