KoinWorks Catatkan Tren Peminjaman Dana untuk UMKM 2020 Cukup Tinggi, Bagaimana di 2021?

Kompas.com - 21/12/2020, 15:33 WIB
Chief Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan saat menampilkan Aplikasi KoinWork KOMPAS.com/ELSA CATRIANAChief Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan saat menampilkan Aplikasi KoinWork

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lunaria Annua Teknologi ( KoinWorks) mengakui, sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan pemerintah, tren peminjaman yang dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM) menggeliat.

Chief Operation Officer KoinWorks Bernard Arifin mengatakan, lebih dari ribuan UMKM yang mengajukan permintaan pinjaman. 

"Kita lihat selama pandemi ini banyak yang ingin mengajukan pinjaman, ribuan UMKM yang masuk dan mencoba mengapply permintaan," ujar Bernard saat diskusi virtual KoinWorks, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Jelang Tutup Tahun 2020, KoinWorks Optimistis Bakal Cetak Profit

Hanya saja, lanjut Bernard, tidak semua pelaku UMKM permintaanya dikabulkan.

Sebab, KoinWorks memiliki beberapa kriteria untuk menentukan apakah UMKM tersebut dinyatakan layak atau tidak untuk mendapatkan peminjaman.

Salah satu yang menjadi syarat atau pertimbangannya adalah dilihat dari sisi prospek bisnis yang dimiliki oleh UMKM atau calon peminjam.

Apabila prospek bisnisnya terlihat menjanjikan, KoinWorks akan memberikan dan menyalurkan dana pinjaman, pun sebaliknya. 

Dengan melihat prospek bisnisnya juga membuat KoinWorks bisa memandang apakah UMKM tersebut mampu untuk melakukan pembayaran atau pengembalian.

Baca juga: Kisah 2 UMKM Bertahan di Tengah Pandemi, hingga Bisa Promosi Berbiaya Murah

Selain itu, Bernard memproyeksikan bahwa pada 2021, tren peminjaman untuk UMKM bakal lebih tinggi dari 2020.

Apalagi didorong dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Dengan adanya teknologi sekarang pasti akan membantu UMKM dalam mengaksesnya, sementara untuk kami, dengan adanya teknologi bisa mempercepat kami melakukan profiling dan melihat kelayakan data para UMKM yang mengajukan pinjaman," jelas Bernard.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X