AS Naikkan Tarif Impor Wine hingga Suku Cadang Pesawat Asal Uni Eropa

Kompas.com - 31/12/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi wine Thinkstockphotos.comIlustrasi wine

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan Amerika Serikat menaikkan tarif bea masuk untuk beberapa produk asal Uni Eropa. Produk tersebut di antaranya yakni berbagai perangkat perakitan atau suku cadang pesawat, serta anggur atau wine dari Prancis dan Jerman.

Dilansir dari CNBC, Kamis (31/1/2020) kebijakan tersebut diambil di tengah sengketa Uni Eropa dan Amerika Serikat terkait subsidi penerbangan sipil yang melibatkan produsen pesawat Eropa Airbus dan pesaingnya yang berbasis di Amerika Serikat, Boeing.

Dalam keterangan tertulisnya, Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (US Trade Representative/USTR) menyatakan bakal menaikkan tarif impor untuk beragam perangkat manufaktur pesawat dan beberapa jenis anggur tertentu serta minuman cognac serta brendi dari Prancis dan Jerman.

Baca juga: Wabah Virus Corona, AS Bebaskan Tarif Impor untuk Produk Medis China

Namun demikian, pihak USTR tidak mengatakan kapan tarif baru tersebut bakal berlaku dan menambahkan detil mengenai kebijakan tersebut bakal dirilis dalam waktu dekat.


USTR menilai, pihak Uni Eropa telah melakukan perhitungan secara tidak adil untuk memberlakukan tarif terhadap Amerika Serikat. Penetapan tarif terhadap AS pun diizinkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang menengahi permasalahan tersebut pada September lalu.

"Uni Eropa perlu untuk melakukan beberapa perhitungan untuk mengompensasi ketidakadilan ini," jelas USTR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pihak Perwakilan Perdagangan dari Uni Eropa tidak segera memberikan respon terkait kebijakan AS tersebut.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X