Kompas.com - 01/01/2021, 18:05 WIB
Ilustrasi: Lalu lintas di Gerbang Tol Ciawi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Dokumentasi Humas Jasa MargaIlustrasi: Lalu lintas di Gerbang Tol Ciawi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 272.327 kendaraan telah meninggalkan Jakarta sejak 30 Desember 2020 hingga malam pergantian tahun.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat), dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalin kumulatif yang meninggalkan Jakarta turun 2,2 persen jika dibandingkan lalin new normal," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, melalui keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Akan Ada "Random Check" di Jalan Tol

Bila dirinci, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah meliputi sebanyak 131.679 kendaraan menuju arah Timur, 83.691 kendaraan menuju arah Barat, dan 56.957 kendaraan menuju arah Selatan.

Seperti diketahui, pada libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, Jasa Marga bersama dengan Polres Bogor, Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja Pemprov Jawa Barat, serta Satgas Covid-19 menggelar operasi gabungan sekaligus pemeriksaan pelaksanaan protokol kesehatan di beberapa rest area.

Operasi gabungan tersebut meliputi pemeriksaan protokol Covid-19 di tempat usaha/keramaian, juga melakukan rapid test antigen secara acak kepada penumpang kendaraan yang ke luar Jakarta.

Tindakan ini bertujuan dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19), yang mewajibkan masyarakat rapid test antigen ketika hendak melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke daerah. Termasuk orang yang melakukan perjalanan jauh melalui jalur darat.

Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 3 Tahun 2020 dan SE Menteri Perhubungan No.20 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X