BKN Belum Pastikan Guru Agama Termasuk Dalam Formasi 1 Juta Guru Seleksi PPPK

Kompas.com - 05/01/2021, 16:34 WIB
Ilustrasi guru dan siswa di sekolah Dok. Ditjen GTK KemdikbudIlustrasi guru dan siswa di sekolah

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan 1 juta guru untuk tahun ini melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan usulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lalu, bagaimana dengan formasi untuk guru agama?

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan, untuk guru agama, belum ada usulan dari Kementerian Agama kepada Kementerian PANRB atau BKN.

Baca juga: Jaminan Hari Tua dan Pensiun yang Diterima PPPK Bakal Setara PNS

"Jadi yang saya garis bawahi, satu juta guru ini masih merupakan tanggung jawab dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, belum mencakup guru dari Kementerian Agama," katanya melalui konfrensi pers virtual, Selasa (5/1/2021).

Namun, BKN membuka peluang untuk merekrut guru agama masuk dalam formasi perekrutan 1 juta guru tersebut.

"Tidak tertutup kemungkinan bahwa guru-guru agama bisa mendapatkan formasi PPPK pada tahun ini," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam konfrensi pers virtual terpisah hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, untuk formasi 1 juta guru, hanya yang lolos seleksi persyaratan dan tes yang akan menyandang status PPPK.

Baca juga: Guru Direkrut Lewat Jalur PPPK karena Kebutuhan Mendesak di Daerah

"Rekrutmen guru PPPK adalah rekrutmen terbesar yang akan kita lakukan pada tahun ini. Kita sudah mencapai kapasitas satu juta, tetapi yang akan diangkat menjadi PPPK untuk semua guru honorer itu adalah yang lulus tes," ucap dia.

Bagi guru honorer pun, lanjut Nadiem, diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi melalui jalur PPPK.

"Walaupun kapasitasnya satu juta, kalau yang lulus tes satu juta maka satu juta yang akan diangkat. Kalau yang lulus 100.000 maka 100.000 yang akan diangkat. Semua guru honorer diberikan kesempatan mengikuti tes tersebut," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.