Perang Teknologi dengan AS, Tencent Suntik Modal Rp 3,84 Triliun ke Startup China

Kompas.com - 06/01/2021, 14:44 WIB
Ilustrasi GizmodoIlustrasi

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Perusahaan gim terbesar asal China, Tencent, menyuntikkan dananya ke sebuah startup Tiongkok yang mengakomodir chip kecerdasan buatan (AI).

Suntikan modal ke perusahaan domestik China itu datang ketika perusahaan teknologi negeri tirai bambu tengah berupaya mengembangkan industri domestik di bidang semikonduktor.

Sebagaimana diketahui, perang dagang antara AS-China masih memanas sehingga membuat kedua negara tidak bisa bergantung satu sama lain dalam banyak hal.

Baca juga: Facebook, PayPal, Google, dan Tencent Investasi pada Platform Gojek

Perang dagang meluas ke sektor-sektor teknologi yang memaksa mereka mengembangkan perusahaan semikonduktor domestik sendiri-sendiri.

Mengutip CNBC, Rabu (6/1/2021), Tencent bersama-sama dengan sejumlah investor, termasuk CITIC, CICC Capital, dan Primavera menginvestasikan sekitar 1,8 miliar yuan atau 278,5 juta dollar AS di Enflame Technology yang bermarkas di Shanghai.

Nilainya setara dengan Rp 3,84 triliun (kurs Rp 13.800 per dollar AS).

Tercatat, startup ini telah menerima banyak putaran pendanaan dari Tencent.

Enflame Technology membuat chip yang dirancang untuk memproses data dalam jumlah besar untuk melatih sistem kecerdasan buatan.

Baca juga: Menkop Teten: Startup Dapat Menjadi Katalis bagi UMKM

Chip tersebut dirancang untuk pusat data.

Selama beberapa tahun terakhir, China telah berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam AI dan semikonduktor, seiring berlanjutnya perang teknologi dengan AS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X