Luhut Sebut Ada 4 Strategi Turunkan Kasus Harian Covid-19, Apa Saja?

Kompas.com - 04/02/2021, 15:37 WIB
Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan strategi penanganan kasus Covid-19, kepada para Epidemiologi secara virtual, Jakarta, Kamis (4/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan strategi penanganan kasus Covid-19, kepada para Epidemiologi secara virtual, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, ada empat strategi yang akan dilakukan untuk menurunkan kasus harian Covid-19, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan.

Strategi pertama, pemerintah akan meningkatan perubahan perilaku masyarakat dalam menangani Covid-19 dengan melakukan operasi perubahan perilaku, serta kampanye protokol kesehatan secara sistematis di masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan.

Strategi ini dilakukan bersama deteksi awal penyebaran Covid-19 dengan mendorong pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) yang agresif dan tepat sasaran.

Baca juga: Pembebasan Pajak Penghasilan Karyawan Diperpanjang, Ini Cara Mendapatkannya

"Kami berharap penyebaran informasi dan kampanye dapat bergerak secara masif dengan melibatkan berbagai lembaga lain, seperti Kemenag dengan mengajak pemuka agama, dan juga Kemendikbud," katanya melalui keterangan tertulis resmi, Kamis (4/2/2021).

Kedua, pemerintah akan membangun fasilitas isolasi terpusat untuk pasien Covid-19. Fasilitas isolasi terpusat ini seperti pemanfaatan Wisma Atlet.

Fasilitas terpusat tersebut dinilai dapat membantu mengurangi penyebaran penularan di keluarga dan menurunkan keterisian rumah sakit. Pemerintah telah mendorong pemerintah daerah dengan kasus positif yang tinggi dapat juga menyediakan fasilitas isolasi terpusat.

Ketiga, strategi manajemen perawatan. Hal ini dinilai penting untuk menyiapkan setiap rumah sakit dapat menerapkan protokol standar penanganan pasien.

Baca juga: Komut Asabri Buka Suara Terkait Kasus Korupsi Rp 23,7 Triliun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.